PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ni Pt Rasni Karwati undiksha
  • Km Ngurah Wiyasa undiksha
  • I Kt Ardana undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang masih menerapkan KTSPdi Gugus I Kecamatan Kuta Utara, yang terdiri atas 10 kelas dengan jumlah 339 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD No. 7 Dalung dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD No. 4 Dalung dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa.Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t. Dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelompok eksperimen =80,89 > kelompok kontrol =72,85, yang berarti tedapat pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung =4,517 > ttabel =2,000 dengan dk= 62 dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diinterpestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: probing prompting, multimedia, hasil belajar IPA

 

References

Artawan, Ketut Agus, dkk.(2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol: 5, No: 2 (hlm. 2-8). Tersedia pada (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10916). Diakses pada tanggal 05 Januari 2018.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Hidayatullah, Putunda Al Arif, dkk.(2014). “Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V”. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2, No: 1 (hlm. 2-9). Tersedia pada (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3560/2876). Diakses pada tanggal 05 Januari 2018.

Kariadnyani, Era Kd, dkk.(2016). “Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 4, No: 1. Tersedia pada (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7467). Diakses pada tanggal 01 Januari 2018.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Swarjawa, Eka, dkk.(2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sebatu”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha, (hlm.2-9). Tersedia pada (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/825/698). Diakses pada tanggal 01 Januari 2018.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Karwati, N. P. R., Wiyasa, K. N., & Ardana, I. K. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Mimbar Ilmu, 23(2), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16421

Issue

Section

Articles