Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Authors

  • Kadek Ayu Mira Purnama Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26224

Abstract

Suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan membuat siswa tidak bisa mengembangkan kemampuan untuk menyampaikan opini atau pendapat, tertunya akan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa khususnya pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh yang model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment serta dipilih rancangan penelitian yakni the posttest-only non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD sebanyak 208. Melalui teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sebagai sampel dengan jumlah sampel keseluruhan ialah 76 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, setelah itu dianalisis menggunakan uji-t dengan derajat kebebasan =74 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,937 sedangkan perolehan ttabel = 1,993 dari hal tersebut maka thitung > ttabel (2,937 > 1,993). Sehingga simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran time token berbantuan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD, temuan ini dikarenakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dapat menjadikan sebuah inovasi model dan media pembelajaran yang memberikan timbal balik yang positif dalam membantu membangun struktur kognitif siswa dan mampu membangun pengetahuan awal siswa untuk mengoptimalkan kompetensi pengetahuan PPKn siswa

Author Biographies

Kadek Ayu Mira Purnama Ningsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agustini, N. L. P. E., Renda, N. T., & Murda, I. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar ranah afektif mata pelajaran PKn siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5744

Al-Husna, N. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 8(3), 154–158. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i3.32024

Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530

Arsyad. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. 41–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Dewi, A. C. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807

Diantari, K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD N Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Journal of Education Technology, 1(3), 198. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505

Fitriani, N. P. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235

Kandaga, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time-Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Edumatica, 07(01), 21–28. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073

Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Pratama, G. H. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 23(1), 131–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874

Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291

Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031

Simamora, R. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Aaudio Visual Terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap. Duke Law Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Siregar, R. M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. MathEducation Nusantara, 2(1), 35–38. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jmn.v2i1.58

Subadi, T., Priyono, K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. WARTA, 18(1), 62–76. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168

Tamara, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 132–134. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17329.g10409

Wahyuni, D. A. I. (2018). Pengaruh Mmodel Pembelajaran Time Token Terhadap Kompetensi IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 137–144. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371

Wardana. (2018). Peningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Jurnal Tarbawi, 15(1), 93–112. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721

Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074

Wiyasa, I. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15407

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Ningsih, K. A. M. P., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Mimbar Ilmu, 25(3), 431–439. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26224

Issue

Section

Articles