HUBUNGAN ANTARA SIKAP KOMUNIKATIF SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KARAKTER DENGAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN IPS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16422Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penilitian ini adalah penelitian ex post facto dengan studi korelasi yang bersifat asimetris.Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas V SD yang berada di Gugus Letkol Wisnu, Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 340 orang.Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh sampel sebanyak 172 orang.Data diperoleh melaluimengisi angket sikap komunikatif oleh responden.Sebagai uji persyarat adalah uji normalitas sebaran data dan pencatatan dokumen dari nilai UAS kompetensi inti pengetahuan IPS siswa pada semester 1.Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis maka rxy hitung = 0,252. Pada taraf signifikansi 5% dengan n= 172, maka diperoleh rxy tabel = 0,148. Karena rxy hitung= 0,252 >rxy tabel = 0,148 maka dapat diartikan bahwa Ho yang berbunyi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak sedangkan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap komunikatif siswa maka semakin meningkatkan hasil kompetensi inti pengetahuan IPS.
Kata kunci: sikap komunikatif, kompetensi inti, IPS
Referensi
Aditya, Budi, dkk. 2014. “Pembelajaran Berbasis Komunikatif Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus V Kecamatan Karangasem”. Volume 3, Nomer 1. (diakses pada tanggal 19 Januari 2018). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2151/1869
Agung, A. A. A G. 2014.Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. A G. 2016.Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: CV Budi Utama.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada..
Netra, I. B. 1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional.
Putri, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa Smp”.Volume 3, Nomor 1 (hlm. 5). (diakses pada tanggal 19 Januari 2018). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
Suyadi. 2012. Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1999. Jakarta: PT. Arnas Duta Jaya.
Yaumi, Muhambad. 2014. Pendidikan Karakter: landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.