KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PENGUASAAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN IPS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17408Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan jenis korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri yang ada di Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 325 orang siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 169 orang siswa. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan memberikan tes uraian kepada sampel, sedangkan data penguasaan kompetensi inti pengetahuan IPS dikumpulkan melalui pencatatan dokumen. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas sebaran data dengan rumus chi-kuadrat. Setelah uji prasyarat terpenuhi, dan data berdistribusi normal, data dianalisis dengan teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rxy hitung = 0,342, sedangkan rxy tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 169 diperoleh nilai = 0,148. Karena rxy hitung >rxy tabel, maka hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci: kemampuan berpikir kritis, kompetensi pengetahuan IPS
Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. 2016. Stastistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Dwijananti, P. and Yulianti, D., 2010. Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).
Fatmawati, dkk. (2014). “Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat”. Jurnal FKIP UNS, Volume 2, Nomor 9 (hlm.913). Tersedia pada http: http://eprints. walisongo.ac.id/5915/1/123511090.pdf (diakses tanggal 7 Januari 2018).
Fakhriyah, F., 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Fristadi, R. dan Bharata, H. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning”. Jurnal Seminar UNY, Volume 2, Nomor 7 (hlm.597). Tersedia pada http://seminar. uny.ac. id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf (diakses tanggal 7 Januari 2018).
Gunawan, R. 2016. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Karim, A., 2011. Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), pp.21-32.
Mahmuzah, R. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Possing”. Jurnal Unsyiah, Volume 4, Nomor 1 (hlm,65). Tersedia pada http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluan g/article/view/5860 (diakses tanggal 7 Januari 2018).
Muhfahroyin. 2009. “Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UM, Volume 16, Nomor 1 (hlm.89). Tersedia pada http://journal.um.ac.id/ index.php/pendidikan-danpembelajara n/article/view/2611 (diakses tanggal 7 Januari 2018).
Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2016. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyosari, P.A. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyowati, A. and Subali, B., 2011. Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Siregar, Syofian. 2017. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistik Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahidmurni, H. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.