PENERAPAN TERAPI GERAK TARI UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN MOTORIK ANAK TUNAGRAHITA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17449Abstrak
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii signifikasi penerapan terapi gerak tari dalam menurunkan gangguan motorik anak tunagrahita dii Sekolah Luar Biasa Wantuwirawan Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inii adalah two paired sample t-test dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Dani hasil analisis data diperoleh hasil bahwa penerapan terapi gerak tari secara signifikan dapat menurunkan gangguan motorik anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Wantuwirawan Salatiga dengan p=0,034<0,050.
Kata kunci: terapi gerak tari; gangguan motorik; anak tunagrahita
Referensi
Buitelaar dan Paternotte. 2010. ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas) Gejala, Diagnosis, Terapi, Serta Penanganannya di Rumah dan di Sekolah. Jakarta : Prenadamedia Group.
Delphie, Bandi. 2005. Bimbingan Konseling Untuk Perilaku Non-Adaptif. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung : PT. Refika Aditama.
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Gandasetiawan, Ratih Zimmer. 2009. Mengoptimalkan IQ dan EQ Anak Melalui Metode Sensorimotorik. Jakarta : Penerbit Libri.
Gruenberg, Ann M dan Miller, Regina. 2011. A Practical Guide to Early Childhod Inclusion (Effective Reflection). Boston. Pearson Eduction, Inc.
Jardin Mariposa.2006. Dance Therapy di http://www.jardin-mariposa.com/index.php/en/instituto-de-danzaterapia-6/danzaterapia (diakses pada 9 juli 2018).
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen Teknik Non Tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta : PT. Indeks.
Leo, Sutanto. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.
Magill, Ricard A. 2001. Motor Learning Concepts and Applications. Singapore : McGraw-Hill Compenies, Inc.
Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak (Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta : Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta.
Widiayanto. 2013. Statistika Terapan. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
Shilpa J, Asha P Shetty. 2015. Effectiveness of Dance Movement Therapy on Attention Deficit Hyperactivity Disorder Children Aged Between 6-12 Years. Manipal Journal of Nursing and Health Sciences.1(1) : 19-23.
Dani, Robik Anwar dkk. 2017. Efek Penerapan Terapi Gerakan Tari Dalam Menurunkan Hiperaktivitas Pada Anak ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. (267-279). Semarang: Hotel Gracia.
Heter, Alyssa. 2017. Dance and Movement Therapy. GSW Journal of First-Year. 5(1) : 1-6.
Rahmawati, dkk. 2018. Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT). Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. 3(1) : 31-46.
Ratnayanti, Rahajeng dan Kustiawan, Usep. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Ortopedagogia. 1(3) : 238-244.
Syofia, Ninon dan Suharti. 2016. Pelatihan Seni Tari dan Musik Sebagai Media Terapi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Silaing Bawah Kota Padang Panjang. 1(1) : 118-130.
Yuliastati. 2011. Pengaruh Latihan Rentang Gerak Sendi Terhadap Kekuatan Otot Dan Luas Gerak Sendi Anak Dengan Tuna Grahita Sedang Di Sekolah Luar Biasa Kota Bogor. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta : Pascasarjana Universitas Indonesia Jakarta.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.