PENGARUH METODE SUKU KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah anak kelompok B Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh siswa kelompok B RA Nurul Huda yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelompok B TK Ceria Asih yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan digunakan pedoman observasi yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji hipotesis data diuji dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak. (t = 2.466 ; 0.017). Dari hasil deskripsi data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Suku dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata-kata kunci : Metode Suku Kata, Media Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan
Referensi
Ari Musodah. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelmpok B2 RA Ma’Arif Nu Karang Tengah Kertanegara Purbalingga. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Azhar Arsyad, M.A. 2017. Media Pembelajaran. Depok: Putra Utama Offset.
Chiristiana Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak. Depok. Prenamedia Group.
Dewi, Luh Putu Ratna, I Komang Sudarma, Ign. I Wyn. Suwatra. 2017. Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Kelas I SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Hal. 1-9. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10995.
Flafiana, T. “Pembelajaran Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 04 Sandi Ketapang”. Artikel FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Hasanah, Mar’atun. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata Melalui Media Gambar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Hal. 277-279. Tersedia Pada: http://semnasfis.unimed.ac.id/.
Hengelina dan Meha. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Bimba AIUEO Unit Alinda Bekasi Utara”. (hlm 2).
Mustikawati, Ratih.. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha Vol.2. No.1 Hal. 41-56. Tersedia Pada: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/download/457/436.
Partijem. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flannel Pintar Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul”. Volume 6, Nomor 1.
Sriyatin. 2013. “Penerapan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B Di TK Yalista Surabaya”. Volume 2, Nomor 1
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.