Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Penulis

  • I Made Wahyu Ariyana
  • Ni Nyoman Ganing

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Bimbingan Belajar Dari Orang Tua terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi, pengaruh yang signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi serta Bimbingan Belajar Dari Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling, didapat sampel sebanyak 117 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji heterokesdastisidas. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 12,25%. Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 19,36%. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh Freg = 17,81. Pada taraf signifikansi 5% n = 115, maka diperoleh Ftabel = 3,08. Dikarenakan Freg 17,81 > Ftabel = 3,08 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 24,01%.

Diterbitkan

2020-04-20

Cara Mengutip

Wahyu Ariyana, I. M., & Ganing, N. N. (2020). Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu, 25(1), 87–97. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480

Terbitan

Bagian

Articles