Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Eksperimen Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24766Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Eksperimen terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus 1 Kuta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD N Gugus 1 Kuta Utara, yang terdiri dari 14 kelas secara keseluruhan berjumlah 523 orang. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengudian untuk penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas VA SD No. 1 Dalung sebanyak 41 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas VB SD No.2 Dalung sebanyak 34 siswa sebagai kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 butir soal yang sudah divalidasi. Selain itu nilai rata-rata gain skor kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Eksperimen = 0,47 > = 0,35 rata-rata gain skor kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 3,833 > ttabel (ɑ=0,05, dk=73) = 2,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. . Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Eksperimen berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dantes, 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi. dan Model Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siswadi, I B Indra Pratama Siswadi. 2014. “Pengaruh model pembelajaran creative problem (CPS) Solving berbantuan media grafis terhadap hasil belajar siswa kelasV SD Gugus VI Pangeran Diponogoro Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014”. Vol: 2 No: 1 Tahun (hlm 1-12). Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id p
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Trianto. 2012. Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.