Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD

Penulis

  • Ni Wayan Sri Suprianingsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472

Abstrak

Terdapat beberapa siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM pada saat Penilaian Tengah Semester (PTS) kompetensi pengetahuan Matematika siswa lebih rendah dari standar KKM. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh model Problem Posing berbantuan media Question Box terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design (eksperimen semu). Subjek penelitian ini berjumlah 235 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Analisis data dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 8,1912 >ttabel =2,000 pada taraf signifikansi 5 % dk = 38 + 39 – 2 = 75, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media Question Box dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional. Disimpulkan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media Question Box dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar.

Biografi Penulis

Ni Wayan Sri Suprianingsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Amelia, I. dan. (2018). Model-model pembelajran matematika. Jakarta: PT bumi Aksara.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Cai, Jiang, & Silber. (2015). Problem Posing Research In Mathematics : Some Answered And Unanswered Questions. Mathematical Problem Posing, 3–34. DOI: 10.1007/978-1-4614-6258-3_1

Christidamayani, & Kristanto. (2020). The Effects of Problem Posing Learning Model on Students’ Learning Achievement and Motivation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 2(2), 100–108. DOI: 10.23917/ijolae.v2i2.9981

Daryati, Nugraha, & Sutarni. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 31–42. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.11048

Dewi, D. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Fauziah, V. . (2016). Keefektifan Model pembelajaran Discovery Learning berbantu Questions Box dan model. Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika siswa SMK. https://lib.unnes.ac.id/29019/

Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1950

Hadiyanto, Budiyono, & Selamat. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving Dengan Pendekatan Pmr Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10866

Hodiyanto, & Haryadi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.5941

Jailani. (2017). Penggunaan Peta Konsep Untuk Belajar Bermakna Dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Education, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Lapisa, Basri, Arif, & Saputra. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto CAD. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2). https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82

Nurfitriana. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis CAI Sebagai Media Pembelajaran Pada kompetensi Dasar Menganalisis Jabatan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 51–58. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/30701

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6950

Pembelajaran, M., Posing, P., Guru, S., Ilmu, J., Sosial, P., & Vol, H. (2017). Yulisma – Model Pembelajaran Problem Posing untuk …. 3(1), 99–108.

Permana, Dantes, & Parmiti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Gugus IV Kerinci Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11029

Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960

Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Retnowati, & Dkk. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning By Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787

Riza, S., & Rery, R. U. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Rotating Trio Exchange ( Rte ) Disertai Media Question Box Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Di Kelas Xi Ipa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Rotating Trio Exchange ( RTE ). Jurnal Online Mahasiswa PGSD, 2(2), 1–8. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/7090

Sari, P., & Kurniati, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(1), 93–103. http://dx.doi.org/10.29406/arz.v5i1.656

Sitohang, I. L., Saragih, S., & Konsep, P. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal Inspiratif, 4(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/viewFile/10804/9697

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710

Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Makassar, U. (2018). Skripsi.

Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29

Widayanti, Sutama, & Wisudariani. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20268

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472

Terbitan

Bagian

Articles