Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS

Authors

  • Ni Made Ayu Wardani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Sujana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara konsep diri dengan kemampuan pemecahan masalah IPS siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati, Kecamatan Denpasar Timur, pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berada di Gugus Untung Surapati, Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 525 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 213 siswa. Data diperoleh melalui hasil angket konsep diri dan tes esai kemampuan pemecahan masalah IPS yang dikerjakan oleh responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Sebagai uji prasyarat analisis adalah uji normalitas sebaran data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung = 0,446. Pada taraf signifikansi 5% dengan n = 213, maka diperoleh rtabel = 0,138. Karena rhitung = 0,446 > rtabel = 0,138 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara konsep diri dengan kemampuan pemecahan masalah IPS Kelas V SD Gugus Untung Surapati, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin meningkat pula kemampuan pemecahan masalah IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, konsep diri memiliki hubungan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya dalam muatan pembelajaran IPS, sehingga dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan agar konsep diri positif siswa dapat terbentuk dengan baik dan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat berkembang secara optimal.

 

Kata Kunci : konsep diri, kemampuan pemecahan masalah

References

Adiprabowo, Raihan. 2017. Positive Personalities.Yogyakarta: Brilliant Books.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi 2. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Bachri, Syamsul. 2013. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Boeree, C. George. 2013. Personalities Theories: melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ernawati, Renatha. 2015. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Pemecahan Masalah Bagi Siswa Kelas X Di SMA Negeri Jakarta Timur”, Vol. 8, No. 3 DOI: https://doi.org/10.33541/jdp.v8i3.131

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakni. 2016. Metodelogi Penelitian Eksperimen Bidang Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Koyan, I Wayan. 2007. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Latipah, Eva. 2012. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.

Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Yogyakarta.

Mappiare A T, Andi. 2004. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Rajawali Pers.

Musriandi, Riki. 2017. “Hubungan Antara Self-Concept Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Sistematis Siswa”. Vol. 1, No.2, (hlm 153-157)

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013 DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Pucangan, Ketut Yuning Jayasri. 2017. “Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar SD Kelas II”, Vol. 5, No.2 (hlm 3)

Purnomo, Arif. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 33 Nomor 1 Tahun 2016

Sanjaya, I Wayan. “Korelasi Antara Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SDN 10 Sanur, Denpasar Selatan, Pada Tahun Pelajaran 2016/2017”, Vol: , No.2 (hlm 7-8)

Santrock, John W. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sukardi. 2016. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Media Group.

Sutoyo, Anwar. 2012. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tri ,Yulia. 2017. Interaktif dalam Pembelajaran IPS . Jurnal Ilmiah PGMI Volume 3, Nomor 1, Juni 2017 DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1383

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik Dalam penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press

Downloads

Published

2019-07-12

How to Cite

Ayu Wardani, N. M., Suniasih, N. W., & Sujana, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382

Issue

Section

Articles