KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS I SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA

Ayu Putu Intan Yulia Lestari, Maria Goreti Rini Kristiantari, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk tindak pembelajaran guru kelas I SD Negeri 2 Dangin Puri dan alasan – alasan yang melatarbelakangi guru kelas I SD Negeri 2 Dangin Puri dalam menampilkan tindak pembelajaran pada peningkatan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model induktif – interaktif berupa reduksi data, paparan data dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kontribusi tindak pembelajaran guru pada peningkatan keterampilan menyimak kategori structuring, guru cenderung meminta siswa untuk berkonsentrasi menyimak pelajaran, mengerjakan tugas dan membuka buku pelajaran. Kategori soliciting, tindak pembelajaran yang cukup sering dilakukan guru adalah memberi pertanyaan kepada siswa. Pada kategori reacting, guru cenderung memberi penguatan kepada siswa. Sedangkan pada kategori student responding, umumnya respon yang ditunjukkan siswa adalah menjawab pertanyaan guru, memahami penjelasan guru dan mendengarkan perintah guru. Tindak pembelajaran nonverbal yang menyertai pada peningkatan keterampilan menyimak siswa yaitu guru menunjukkan ekspresi semangat, mudah tersenyum dan sesekali menegur siswa yang ribut. Adapun alasan – alasan yang melatarbelakangi guru melakukan tindak pembelajaran tertentu. Pertama, agar siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Kedua, agar siswa lebih termotivasi dalam menjawab pertanyaan guru. Ketiga, guru memiliki harapan agar siswa yang diasuhnya menjadi anak yang disiplin.

KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS I SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA


References


Amrizal, Desilawati. 2014. “Guru Profesional Di Era Global”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 20, Nomor 77 Tahun 2014.

Harini, Juni Seri. 2014. “Pengaruh Metode Simak – Kerjakan Terhadap Hasil Belajar Menyimak Cerpen Siswa Kelas V SD Negeri 17 Dauh Puri”. Jurnal MIMBAR Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014.

Idzhar, Ahmad. 2016. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Office. Volume 2, Nomor 2 Tahun 2016. (hlm. 222-228).

Irtadji, Moh. 2014. “Tindak Pembelajaran Guru yang Menumbuhkembangkan Kreativitas Siswa”. Jurnal Pendidikan Humaniora. Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014. (hlm. 1-10).

Miles & Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Misrawati. 2017. “Peranan Guru BK dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Layanan BK Kelompok”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 1, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 65-68).

Nur, Rezky Jurniasih. 2017. “Studi Etnografi Pada Suku To Balo di Desa Bulo – Bulo Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru Sulawesi Selatan”. Jurnal PENA. Volume 3. Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 503-515).

Nurhayani, Isma. 2010. “Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Volume 4, Nomor 1 Tahun 2010. (hlm. 54-59).

Praheto, Biya Ebi. 2017. “Penerapan Teknik 5R Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD FKIP UST”.Volume 29, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 110-117).

Rosdia. 2013. ”Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 8 Tahun 2013. (hlm. 250- 267).

Satria, Tio Gusti. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Barat”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 10, Nomor 2 Tahun 2017. (hlm. 114-140).

Sukadari. 2015. “ Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan. Volume 3, Nomor 1 Tahun 2015. (hlm. 58-68).

Sutrisno. 2016. “Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5 Tahun 2016. (hlm. 29-37).

Syahputra, Irwan M. 2019. “ Memori Wanita dalam Mulitasking Kajian Neuropsikologinguistik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 3, Nomor 2 Tahun 2019. (hlm. 192-195).

Warsono. 2017. “Guru: Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial”. The Journal of Society & Media. Volume 1, Nomor 1 Tahun 2017. (hlm. 1-10).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Thinking Skills and Creativity Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.