Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS

Authors

  • I Kadek Rusadi Putra Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Murda Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20712

Abstract

Rata-rata nilai pengetahuan IPS siswa kelas V tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap (1) kemampuan berpikir kreatif (2) hasil belajar IPS (3) kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 237 yang merupakan seluruh siswa kelas V di gugus III Kecamatan Tembuku, sedangkan sampel penelitian berjumlah 25 orang pada kelas V SD Negeri 5 Peninjoan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Peninjoan sebagai kelompok kontrol berjumlah 25 orang. Pengumpulan data variabel kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes essay dan variabel hasil belajar IPS menggunakan tes pilihan ganda. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik analisis multivarians (Manova). Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif (F=16,585p=0,000<0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPS (F=37,394p=0,000<0,05), (3) secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS (p=0,000<0,05).

 

Kata Kunci: quantum learning berbantuan peta pikiran, berpikir kreatif, hasil belajar IPS

References

Agung, A.A Gede. 2016. Statistik dasar Untuk pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Candiasa, I Made. 2010c. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi Statistik SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Darmayoga, I Wayan. 2013. “Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar”.Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpendas/issue/archive (diakses tanggal 09 Januari 2019)

Huda, Miftahul. 2014. Model –model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kharaerinnida. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 7, Nomor 1

.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, Intan. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Volume 5, Nomor 2.

Purnamiati, Dwi, dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD No. 3 Benoa Kabupaten Badung”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 7, Nomor 1.

Purnamiati, Dwi, dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD No. 3 Benoa Kabupaten Badung”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 7, Nomor 1.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tirtawati, Ratna. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi IPA Volume 4.

Downloads

Published

2019-09-05

How to Cite

Rusadi Putra, I. K., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 63–72. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20712

Issue

Section

Articles