Using Video Conference for Online Training for A Livestock Farmers Group in Nggorang Village
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40851Keywords:
zoom meeting, google meet, devotion, nggorang village, West ManggaraiAbstract
Layanan video conference seperti Zoom dan google meet merupakan salah satu program meeting online yang paling banyak digunakan di era pandemi Covid-19 saat ini, untuk melaksanakan pekerjaan dari rumah (WFH). Begitu juga dengan yang coba di lakukan dalam menjangkau kegiatan pelatihan jarak jauh di Desa Nggorang Manggarai Barat ini, di tengah pandemi covid 19, panitia menggunakan media penghubung jarak jauh salah satunya dengan aplikasi zoom dan google meet. Namun masyarakat di desa Ngorrang yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan peternak belum memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom meeting dan Google meet. Dengan pelatihan ini peserta dan narasumber diharapkan mampu menerapkannya sehingga dapat dijadikan salah satu sarana pendukung dalam memberikaan pelatihan, membagikan pengetahuan, diskusi dan praktek langsung bagi Kelompok Tani-Ternak Desa Nggorang Manggarai Barat. Metode dalam training ini menggunakan tiga tahap yaitu Preparation stage Training stage, Evaluation stage. Sementara participant dari pengabdian ini terdiri dari petani dan peternak di Desa Ngorang yang berjumlah sekitar 40 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta pelatihan mampu menggunakan aplikasi zoom meeting dan Google meet dan bisa diaplikasikan dalam pelatihan-pelatihan berikutnya.
References
Abdillah, L. A., & Darma, U. B. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference. http://eprints.binadarma.ac.id/4162/2/Abdillah2020 %5BOnline Learning Menggunakan Zoom Teleconference%5D 2020415.pdf.
Amin, M., Novianti, V., Sumberartha, I. W., Priambodo, B., Amin, A. Z., & Prihatnawati, Y. (2020). Pembentukan Satgas Siaga Covid-19 dan Implementasi Tupoksi Satgas Desa Mulyoagung Kabupaten Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 366–377. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/17816.
Andayani, T. R. (2021). Sumber informasi serta dampak penerapan pembatasan sosial dan fisik pada masa pandemi COVID-19: Studi eksploratif di Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 11–121. http://jps.ui.ac.id/index.php/jps/article/view/229.
Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., Nurmina, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445–457. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4061.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476.
Fajrin, M. U., & Tiorida, E. (2020). Faktor yang Memengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Teknologi. Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 977–984. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2151.
Fitrisia, Y., Wardhani, K. D. K., Fadhli, M., Novayani, W., Nurmalasari, D., ESGS, S. P., & Akbar, M. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Untuk Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 5(1), 21–29. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jpm/article/view/2126.
Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif, 18(2), 201–208. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/8581.
Jatmiko, B., Susantini, E., Widodo, W., Azizah, U., & Allamin, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru-Guru Mata Pelajaran Ipa Sma. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 158–165. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/2514.
Katharina, R. (2020). Relasi Pemerintah Pusat-Pemerintah Daerah Dalam Penanganan COVID-19. Info Singkat, 12(5), 25–30. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-5-II-P3DI-Maret-2020-176.pdf.
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15742.
Nugraha, Y. E. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan Pesisir Kota Kupang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2), 134–149. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/411.
Nugroho, R. B. (2020). Dampak covid-19 Bagi kegiatan Ekonomi Masyarakat. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://osf.io/preprints/kyae8/.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Parinduri, I., & Hutagalung, S. N. (2021). Pembuatan Video Confrensi Menggunakan Media Zoom Meeting Dan Pembuatan Sertfikat Pelatihan Menggunakan Google Form. Urnal ABDIMAS Budi Darma, 1(2), 43–48. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2961.
Pulungan, R. M., Hardy, F. R., Nasrullah, N., Wiradati, M., Ainaya, N. A., & Sergio, D. (2022). Pembentukan Satgas Berbasis Karang Taruna Dalam Penanggulangan Bencana Pandemi Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 111–119. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/4614.
Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/porosonim/article/view/41.
Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan pengembangan pendidikan jarak jauh berbasis digital class platform edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII UT, 411–419.
Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law & Governance Journal, 3(2), 240–249. https://scholar.archive.org/work/tdsftmhisvcrxklykcimpdz4ge/access/wayback/https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/article/download/7989/4148.
Rizal, M., & Abdulrahman, I. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bagi Pelaku Bisnis Coffe Shop pada Masa Pandemi Terdampak Covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 11(1). http://inspirasi.bpsdm.jabarprov.go.id/index.php/inspirasi/article/view/198.
Rochmawati, U., Timan, A., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen pendidikan dan pelatihan keahlian ganda guru sekolah menengah kejuruan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 147–155. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/9292.
Rozi, Z. F., Febrianti, Y., & Telaumbanua, Y. (2018). Potensi sari pati Gadung (Dioscorea hispida L.) sebagai bioinsektisida hama Walang Sangit pada tanaman Padi (Oryza sativa L.). Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 18–22. https://pdfs.semanticscholar.org/5247/ec2366246ff43b7033c4cf4d6a73c62da903.pdf.
Sediyaningsih, S. (2018). Konvergensi media di era digital (eksploitasi media komunikasi dalam proses belajar mengajar di era digital). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 52–57. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/317.
Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2). https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020.
Subarkah, P., Abdallah, M. M., & Hidayah, S. O. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Virtual Meeting untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1214–1223. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5023.
Sugiarti, R., Erlangga, E., & Arumwardani, N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sosial Pada Mahasiswa & Civitas Akademika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2303–2314. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1033.
Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan Covid-19: Menggairahkan Kembali Ekonomi Indonesia dengan MembukaTravel Bubble dan Koridor Intra-Indonesia. Bappenas Working Papers, 3(2), 126–142. http://workingpapers.bappenas.go.id/index.php/bwp/article/view/73.
Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & Jelahu, F. M. (2020). Bantuan sosial dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang terdampak sosial-ekonomi selama patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 12–26. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2067.
Wicaksana, E. J. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moddle Terhadap Motivasi danMinat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemic Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi DanTeknologi Pembelajaran, 1(2), 117–119. http://www.ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1937.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19472.
Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 297–301. http://jpmi.journals.id/index.php/jpmi/article/view/65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.