PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS REINFORCEMENT TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11607Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran numbered head together berbasis reinforcement dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalen control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Dewi Sartika yang terdiri dari 358 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 99 siswa, 50 siswa kelas VA SD Negeri 3 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 49 siswa kelas VB SD Negeri 3 Kesiman sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif pilihan ganda. Penguasaan kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok eksperimen berkategori tinggi dengan rerata 84,48 dan pada kelompok kontrol berkategori sedang dengan rerata 73,12. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 7,118 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,985. Sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered head together berbasis reinforcement dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered head together berbasis reinforcement berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Gemaydha, I Gede. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Reinforcement Berbantuan Bahan Ajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus II Petang Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
Hidayati, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional
Isjoni, H. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Marno dan M.Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Ngalimun, dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Puspitarini, Ni Kadek Ade. 2015. Pengaruh Pendekatan Sintifik Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Sosial Dengan Kovariabel Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Keluarga Pada Siswa Kelas IV SD Perkotaan. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setyosari, H.Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Shoimathul, S. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
-------, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
-------, 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
-------. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Yanti, Komang Dina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)