Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Baca

Penulis

  • I Pasek Putu Bagus Daytona Putra Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330

Kata Kunci:

dukungan orang tua, minat baca, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap minat baca dan. (2) pengaruh signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa (3) pengaruh signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 246 siswa dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga banyaknya sampel yaitu 146 siswa. Teknik pengumpulan data minat baca, motivasi belajar dan dukungan orang tua menggunakan metode non tes yaitu koesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis, (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 52,897 > Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 26,9%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dinyatakan oleh Fhitung = 64,358 > F tabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 3,4%. (3) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung  = 47,625 >  Ftabel = 3,06 dengan determinasi sebesar 40,0%.  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian hasil penelitian yang relevan bagi peneliti lain.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunnurahman. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Yogyakarta.

Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta:Prenadamedia Group.

Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : PT. Pustaka Baruan.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang lebih komprehensif. Jakarta : PT Prima Ufuk Semesta.

Tarigan, Guntur Henry. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:CV Angkasa.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta:Prenadamedia Group

Diterbitkan

2020-04-08

Cara Mengutip

Daytona Putra, I. P. P. B., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26–34. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330

Terbitan

Bagian

Article