Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Baca
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330Kata Kunci:
dukungan orang tua, minat baca, motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap minat baca dan. (2) pengaruh signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa (3) pengaruh signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 246 siswa dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga banyaknya sampel yaitu 146 siswa. Teknik pengumpulan data minat baca, motivasi belajar dan dukungan orang tua menggunakan metode non tes yaitu koesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis, (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 52,897 > Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 26,9%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dinyatakan oleh Fhitung = 64,358 > F tabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 3,4%. (3) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 47,625 > Ftabel = 3,06 dengan determinasi sebesar 40,0%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian hasil penelitian yang relevan bagi peneliti lain.Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunnurahman. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Yogyakarta.
Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta:Prenadamedia Group.
Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : PT. Pustaka Baruan.
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang lebih komprehensif. Jakarta : PT Prima Ufuk Semesta.
Tarigan, Guntur Henry. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:CV Angkasa.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta:Prenadamedia Group
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)