PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16358Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Dukungan sosial yang disusun oleh penulis mengacu teori Weis (dalam Kutratul, 2013) dan data prestasi belajar menggunakan nilai rata-rata rapor siswa kelas XI MIPA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa tidak ada pengaruh dukungan sosial tehadap prestasi prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Kristen Satya Wacana Salatiga t hitung sebesar (-0,640) < t tabel (1,997), R = 0,061, koefisien determinasi R Square = 0,004 dan signifikansi 0,647 > 0,05. Artinya dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari diri sendiri. Dengan demikian hipotesis (ha), pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Kristen Satya Wacana Salatiga, ditolak
References
Adams, G.A., King, L. A., and King, D. W.1996. Relationships of Job And Family Involvement, Family Social Support, and Work-Family Conflict With Job Life Satisfaction. Journal of Applied Psychology. 81, 411-420.
Aini, Kutratul. 2013. Bentuk Dukungan Sosial untuk Anak Autis Studi Kasus di SMP Bhakti Terpadu Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Azwar, Saifuddin. 2002. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Flora Siagian, Roida Eva. 2012. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 2, No. 2.
George, Mallery. 1995. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Kuntjoro Z, S. 2002. Dukungan Sosial Pada Lansia. http://www.e-psikoligi.com. Diakses pada tanggal 15 April 2018.
Maslihah, Sri. 2011. Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa Smpit Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 10, No. 2.
Maharani, Orthorita Putrid dan Budi Andayani. 2003. Hubungan Antara Dukungan Sosial Ayah Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja Laki-Laki. Jurnal Psikologi. Vol. 30, No. 1.
Muryono. 2000. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Tugas Terhadap Prestasi Belajar Bidang Study Matematika.Anima : Indonesia Psychological Journal.
Novia Utami, Ni Made Sintya. 2013. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Penerimaan Diri Individu yang Mengalami Asma. Jurnal Psikologi Udayana. Vol. 1, No. 1.
Nuraga, M, A. 2015. Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI SMA N 1 Gedeg. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rubyn, Zervina. 2014. Pengaruh Dukungan Sosial Konsep Diri Dan Strategi Pengaturan Diri Dalam Belajar Terhadap Prestai Akademik Siswa Smp. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.
Sarlito, Wirawan. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salwa, U., Kuncoro, J., & Setyaningsih, R. (2010). Dukungan Sosial Keluarga dan Persepsi Terhadap Vonis dengan Penerimaan Diri Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II.A Wanita Semarang. Proyeksi , V (2), 79-89
Sarason, I. G., Levine, H. M., Bresham, R. B., and Sarason, B. R. 1983. Assesing Social Support. The Social Support Questionnaire. Journal of Personality And Social Psychology. 44, 127-134.
Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta : PT. Grasindo.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suryabrata, S.2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suseno, Miftahun Ni’mah. 2010. Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi dengan Mediator Motivasi Kerja. Jurnal Psikologi. Vol. 37, No. 1.
Winkel, W. S. 1997.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Jakarta :Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)