HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Zharra Hendriastuty Nataningrat

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI BKP (Bisnis Kontruksi Properti) di SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 72 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hubungan signifikansi antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konsep diri yang disusun oleh Dian, S. Sari (2015) yang mengacu pada teori Calhoun & Acocella (1990), dan Skala Motivasi belajar yang disusun oleh Zahroh (2010) yang mengacu pada teori Walgito (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall’s tau_b  dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga dengan hasil koefisien korelasi r = 0,883 pada taraf koefisien signifikansi p = 0,000 < 0,01. Artinya semakin tinggi konsep diri peserta didik, maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar dengan baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.

 

Kata-kata kunci : Konsep Diri dengan Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Aditi, Febyona Atzal. 2012. “Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 7Padang Tahun 2012”. Fakultas

Keperawatan Universitas Andalas. Tersedia dalam: http://repository.unand.ac.id/17835/1/FEBYIONA.pdf diakses pada tanggal 10 maret 2018.

Calhoun, J. F. & Acocella, J. R. 1990.Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Alih bahasa oleh Satmoko, R. S. IKIP Semarang Press.

Calhoun, J. F. & Acocella, J. R. 1995.Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Edisi ketiga). Semarang: PT. IKIP Semarang Press.

Chairul Lutfi. 2009. Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar pada Mahasantrimahad Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tersedia dalam http://blog.uin-malang.ac.id/ diakses pada tanggal 10 maret 2018.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Diana, Sari Buana. P. S. 2005. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Jakenan-Kabupaten Pati”. skripsi. Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT BumiAksara.

Hurlock, Elisabeth B. 1980. Psikologi perkembangan. Alih Bahasa Isti Widyandi Iskandar & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Khikmah, Siti. 2008. “Hubungan AntaraMotivasi Belajar Dan Konsep DiriAkademik Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Pandan Aran Yogyakarta” (skripsi). Tersedia dalam http://etd.ugm.ac.id/ diakses pada tanggal 10 Maret 2018.

Marliyah, dkk. 2004. Hubungan Antara Persepsi terhadap Dukungan Orangtua dengan Pembuatan Keputusan Karir Pada Remaja. Jurnal Provitae.

Manning, M. A. 2007. Self-Concept and Self-Esteem in Adolescents. National Association of School Psychologists. www.naspcenter.org diakses pada tanggal 7 Maret 2018.

Monks, F.J & Knoers, A.M.P. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Penerjemah: Siti Rahayu Haditomo. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S., 2010. Teori-Teori Psikologi, yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Sahputra, Naam. 2009. “Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan SemesterIII Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan”. (skripsi). Tersedia dalam http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14291/1/09E00579.pdf diakses pada tanggal 10 Maret 2018.

Sardiman A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, Bahri, Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16360

Article Metrics

Abstract view : 3688 times
PDF file view : 7 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16360.g9788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.