HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16360Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI BKP (Bisnis Kontruksi Properti) di SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 72 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hubungan signifikansi antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konsep diri yang disusun oleh Dian, S. Sari (2015) yang mengacu pada teori Calhoun & Acocella (1990), dan Skala Motivasi belajar yang disusun oleh Zahroh (2010) yang mengacu pada teori Walgito (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall’s tau_b dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga dengan hasil koefisien korelasi r = 0,883 pada taraf koefisien signifikansi p = 0,000 < 0,01. Artinya semakin tinggi konsep diri peserta didik, maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar dengan baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.
Kata-kata kunci : Konsep Diri dengan Motivasi Belajar
References
Aditi, Febyona Atzal. 2012. “Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 7Padang Tahun 2012”. Fakultas
Keperawatan Universitas Andalas. Tersedia dalam: http://repository.unand.ac.id/17835/1/FEBYIONA.pdf diakses pada tanggal 10 maret 2018.
Calhoun, J. F. & Acocella, J. R. 1990.Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Alih bahasa oleh Satmoko, R. S. IKIP Semarang Press.
Calhoun, J. F. & Acocella, J. R. 1995.Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Edisi ketiga). Semarang: PT. IKIP Semarang Press.
Chairul Lutfi. 2009. Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar pada Mahasantrimahad Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tersedia dalam http://blog.uin-malang.ac.id/ diakses pada tanggal 10 maret 2018.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Diana, Sari Buana. P. S. 2005. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Jakenan-Kabupaten Pati”. skripsi. Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT BumiAksara.
Hurlock, Elisabeth B. 1980. Psikologi perkembangan. Alih Bahasa Isti Widyandi Iskandar & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Khikmah, Siti. 2008. “Hubungan AntaraMotivasi Belajar Dan Konsep DiriAkademik Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Pandan Aran Yogyakarta” (skripsi). Tersedia dalam http://etd.ugm.ac.id/ diakses pada tanggal 10 Maret 2018.
Marliyah, dkk. 2004. Hubungan Antara Persepsi terhadap Dukungan Orangtua dengan Pembuatan Keputusan Karir Pada Remaja. Jurnal Provitae.
Manning, M. A. 2007. Self-Concept and Self-Esteem in Adolescents. National Association of School Psychologists. www.naspcenter.org diakses pada tanggal 7 Maret 2018.
Monks, F.J & Knoers, A.M.P. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Penerjemah: Siti Rahayu Haditomo. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S., 2010. Teori-Teori Psikologi, yogyakarta, Ar-Ruzz Media.
Sahputra, Naam. 2009. “Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan SemesterIII Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan”. (skripsi). Tersedia dalam http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14291/1/09E00579.pdf diakses pada tanggal 10 Maret 2018.
Sardiman A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful, Bahri, Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)