HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PEMBIMBING DENGAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI SMP NEGERI SE KOTA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16361Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se Kota Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikansi antara kompetensi profesional guru pembimbing dengan kinerja guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Kompetensi profesional guru pembimbing yang disusun oleh Mugi Lestari (2012) mengacu pada Permendiknas No 27 Tahun 2008, dan Angket Kinerja guru pembimbing yang disusun oleh penulis yang mengacu pada Penilaian Kinerja Konselor (Direktorat Tenaga Kependidikan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall’s tau_b dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Dari hasilanalisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru pembimbing dengan kinerja guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga dengan hasil koefesien korelasi r = 0,415 pada taraf koefisien signifikansi p = 0,001 < 0,01. Artinya semakin tinggi kompetensi professional maka semakin meningkat kinerja guru pembimbing sehingga dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling akan baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru Pembimbing, Kinerja Guru Pembimbing
References
Bashori. 2011. Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Mengajar Guru SMP Kota Salatiga. Thesis Tidak Diterbitkan. Salatiga: Pasca Sarjana Satya Wacana.
Cahyana, Ade. 2010. “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Januari 2010.
Cut Fitriani, Murniati AR, Nasir Usman. 2017.” Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Volume 5, No. 2, Mei 2017 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 8 Pages pp. 88 - 95
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Kiki, Arianingtyas. 2014. Hubungan Kompetensi Profesional Guru Pembimbing Berdasarkan SKAKK Dengan Kinerja Guru Pembimbing di SMA dan SMK Se-Kota Salatiga. Skripsi. Salatiga: UKSW.
Mulyasa, H. E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.
Nur’aeni Asmarani.2014.”PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR”. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 503 ‐ 831.
Nurtanto, Muhammad .2013. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Sitti Roskina Mas .2012. “Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012
Sugiyono. 2011. StatistikUntukPenelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sutarmanto.2010.” Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 16-31 2010.
Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)