HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PEMBIMBING DENGAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI SMP NEGERI SE KOTA SALATIGA

Authors

  • Laili Maghfiroh Universitas Kristen Satya Wacana
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16361

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se Kota Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikansi antara kompetensi profesional guru pembimbing dengan kinerja guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Kompetensi profesional guru pembimbing yang disusun oleh Mugi Lestari (2012) mengacu pada Permendiknas No  27 Tahun 2008, dan Angket Kinerja guru pembimbing yang disusun oleh penulis yang mengacu pada Penilaian Kinerja Konselor (Direktorat Tenaga Kependidikan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall’s tau_b dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Dari hasilanalisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru pembimbing dengan kinerja guru pembimbing di SMP Negeri se Kota Salatiga dengan hasil koefesien korelasi r = 0,415 pada taraf koefisien signifikansi p = 0,001 < 0,01. Artinya semakin tinggi kompetensi professional maka semakin meningkat kinerja guru pembimbing sehingga dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling akan baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.

 

Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru Pembimbing, Kinerja Guru Pembimbing

References

Bashori. 2011. Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Mengajar Guru SMP Kota Salatiga. Thesis Tidak Diterbitkan. Salatiga: Pasca Sarjana Satya Wacana.

Cahyana, Ade. 2010. “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Januari 2010.

Cut Fitriani, Murniati AR, Nasir Usman. 2017.” Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Volume 5, No. 2, Mei 2017 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 8 Pages pp. 88 - 95

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Kiki, Arianingtyas. 2014. Hubungan Kompetensi Profesional Guru Pembimbing Berdasarkan SKAKK Dengan Kinerja Guru Pembimbing di SMA dan SMK Se-Kota Salatiga. Skripsi. Salatiga: UKSW.

Mulyasa, H. E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Nur’aeni Asmarani.2014.”PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR”. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 503 ‐ 831.

Nurtanto, Muhammad .2013. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Sitti Roskina Mas .2012. “Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012

Sugiyono. 2011. StatistikUntukPenelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sutarmanto.2010.” Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 16-31 2010.

Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-12-19

Issue

Section

Articles