HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA

Authors

  • Sandy Setiawan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2015 Universitas Kristen Satya Wacana. Metode yang pengumpulan daya yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode skala untuk mengukur variabel yang hendak diteliti. Skala yang digunakan dalam penelitian menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kepercayan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja dengan koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,902 dan p = 0,000 (< 0,01). Hal ini berarti semakin skor variabel kepercayaan diri meningkat maka skor variabel kecemasan dalam menghadapi dunia kerja menurun, namun apabila skor variabel kepercayaan diri rendah, maka skor variabel kecemasan dalam menghadapi dunia kerja akan meningkat.

 

Kata-kata kunci : Kepercayaan diri, kecemasan menghadapi dunia kerja

References

Akbar, A. (2013). Pengaruh informasi dunia kerja dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii program keahlian teknik elektronika industri di SMK YPT 1 Purbalingga. Jurnal Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Febrianto Bayu, dkk (2013), Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kesiapan kerja Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMK Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan: Yogyakarta

Ghulfron, N & Risnawita, R. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz

Greenberger, D & Padesky, A.C. 1995. Manajemen Pikiran. Bandung : Kaifa

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa

Hakim, Thursan. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa

Lauster, P. 2002. Tes Kepribadian. Jakarta : PT Bumi Aksara

Lauster, P. 2003. Tes Kepribadian. Jakarta : PT Bumi Aksara

Lauster, P. 2008. Tes Kepribadian. Alih Bahasa D.H Bulo. Jakarta: Bumi Aksara.

Mirhan, Jeane Betty Kurnia Jusuf. 2016. Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. J u r n a l O l a h r a g a P r e s t a s i , V o l u m e 1 2 , N o m o r 1

Rahayu, A.Y. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Safutra, Fitri Edi, Erli Mutiara. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kesiapan Praktek Kerja Lapangan Industri (Pkli) Di Perhotelan Siswa Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Putra Anda Binjai . GARNISH | Jurnal Pendidikan Tata Boga Volume 2 No 3.

Sarastika, P. 2014. Buku Pintar Tampil Peraya diri. Yogyakarta : Araska.

Sari, N.P.R.D & Dewi, D.K. (2013). Perbedaan tingkat kecemasan masa depan karir anak ditinjau dari self-concept dan persepsi dukungan sosial pada ibu anak tunarungu di SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Journal Online Character Vol. 01, No. 01, Tahun 2013

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung. Alfabeta.

Sukmasari, Direra. 2017. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Diakses 20 july 2018).

Yunita, Ernia. 2013. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skrisi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mumammadiyah Surakarta. (Diakses 20 july 2018).

Downloads

Published

2018-12-19

Issue

Section

Articles