HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16366Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga berjumlah 32 orang yang berasal dari 10 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik analisis data menggunakan koefisien contingency dengan bantuan SPSS Statistics 22. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala sekolah penulis menggunakan teori Wahab (2008) dan untuk mengetahui kinerja guru BK berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Berdasarkan hasil analisis koefisien contingency diperoleh nilai koefisien antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK sebesar 0,553 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru BK SMP Negeri di Kota Salatiga.
Kata-kata kunci : Tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru BK
References
Arimbi, Vela Miarri Nurma. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Temanggung. Skripsi. MP FIP UNY.
Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Hamzah & Lamatenggo, 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Menteri Pendidikan Nasional. 2008, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Tersedia dalam http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/tenaga/Permen_27_Th-2008.pdf (Diunduh 30 Januari 2018)
Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
____________2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nursalim, Mochammad. 2015. Pengembangan profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Pratiwi, Citra. 2014. Pengaruh Tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Se-Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Tersedia dalam http://eprints.uny.ac.id/14007/1/skripsi.pdf (Diunduh 20 November 2017)
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia dalam http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf (Diunduh 20 Januari 2018)
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tersedia dalam http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf (Diunduh 30 Januari 2018)
Wahab, Abdul Azis. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Yamin, Martinis, dkk. 2010. Standarisasi Kerja Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Press) Jakarta.
Yusnimar, 2013. Pengaruh Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tersedia dalam http://repository.uin-suska.ac.id/2580/ (Diunduh 21 Januari 2018)
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)