PENGARUH MEDIA KOMIK PADA MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Resa Mardiantanto, Iin Purnamasari, Zaenal Arifin

Abstract


Pengaruh Media Komik Pada Pembelajaran Model Two Stay-Two StrayTerhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 04 Gabus Pati. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persiapan Memproklamasikan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One GroupPretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 04 Gabus tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi..

 

Kata-kata kunci : Pengaruh, media komik, ts-ts, IPS, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Asyar, Rayanda. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmayasa, I.W.G.S. & I.M. Suara, I.B.S. Manuaba. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 2013.

Dewi , Ni Luh putu Yaspita & D. B. Kt. Ngr. Semara Putra, I. B. Gd. Surya Abadi. 2014. “Model Two Stay Two Stray Berbantuan Peta Konsep Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V“. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Fitri , Hasmaynelis dan Yunia Wardi . 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Type Two Stay Two Stray Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Sma Dian Andalas – Padang”. Jurnal Universitas Negeri Padang Vol 3 No 2 (24).

Gumelar. 2017. Media Pembelajaran Komik. Diakses 2017

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Listianah, Harnanik dan Hadi. 2013. .Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Perpaduan Metode Ceramah Dan Metode Two Stay Two Stray Pada Kelas X AP SMK Hidayah Semarang. Economic Education Analysis Journal Vol 2 No 1 (64).

Mahyuni, Ni Komang Astri & I Gede Meter, I Made Suara. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Negeri 8 Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014.

Mardapi, Djemari. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indosia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanto, H. Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.

Sapriya. 2009. Istilah Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: UPI PRESS.

Suantara, Kd. Agus & Nym. Kusmariyatni, Pt. Nanci Riastini. 2013. “Implementasi Teknik TSTS Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Siswa Kelas IV SD No. 4 Tegallinggah”. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 2013.

Sudjana, Nana. 1984. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertivikasi Guru Rayon 13.

Susilo, J. M. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.

Susanto, Ahmad. 2012. Pengertian Ilmu Pengetahuan IPS. Jakarta: Prenadamedia Groub.

Sugiyono, 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Tirtarahardja, Umar, dan S.L.La Sulo. 1995. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, Irma Yuniar & Sajidan, Maridi. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Disertai Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Biologi (40-55).

Wasliman. 2016. Pengertian Hasil Belajar. Jakarta: Prenadamedia Groub.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Motode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16367

Article Metrics

Abstract view : 1404 times
PDF file view : 174 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16367.g9791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.