PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16369Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 228 mahasiswa dan pengambilan sampel ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan yang digunakan 5% maka jumlah sampelnya 138 sampel. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala interaksi teman sebaya dan skala perilaku konsumtif, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Partowisastro (dalam Wijayanti, 2016) dan teori Hidayati (dalam Andin, 2016). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 16.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, dengan hasil t hitung sebesar (-1,043) ≤ t tabel (1,977), R = 0,089, koefisien determinasi R Square = 0,008 dengan tingkat signifikansi 0,299 ≥ 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif terjadi karena faktor lain diluar kelompok teman sebaya.
Kata-kata kunci : interaksi teman sebaya, perilaku konsumtif
References
Ali, Mohamad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Azwar, S. 2003. Penyusunan Skala Psikologi Cet12. Yogyakarta: Pustaka Pelalajar.
Azwar, S. 2009. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, Nurita dkk. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education 6 (1) (2017) 29 – 35. Universitas Negeri Semarang.
Fitriyani Nur, Widodo & Fauziah Nailul. 2013. Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip Vol.12 No.1 April 2013.
Geldard, David & Geldard Kathryn. 2013. Menangani Anak Dalam Kelompok. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
George & Mallery. 1995. SPPS/PC, Step by Step: A Simple Guide and Reference. Balmont: Wadsworth Publishing Companu.
Handoyo, Pambudi & Novitasani Latifah. Perubahan Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswa Urban di UNESA. Jurnal Paradigma Volume 02 Nomer 03 Tahun 2014.
Hasanah, Uwatun. 2007. Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hurlock, E. B. 2009. Psikologi Perkembanan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kristiyanti, Lussi. 2016. Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMAN 2 Ngawi. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Murbani, Bekti. 2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Mursial. 2012. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Journal of Gender Studies, Vol 2, No 2 (2012).
Nuraeni. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Padmomartono, Sumardjono. 2014. Konseling Remaja. Yogyakarta: Ombak.
Shaffatallah, Amillah. 2012. Hubungan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru Dengan Perilaku Konsumtif Remaja Di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Santrock, John W. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suminar Eva & Meiyuntari Tatik. 2015. Hubungan Konsep Diri, Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2015, Vol. 4, No. 02, hal 145 – 152.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti, Susi. 2016. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak. Artikel Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.
Srijani, Ninik Kadeni. 2018. Pengaruh Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Equilibrium, Volume 6, Nomor 1, Januari 2018. Universitas PGRI Madiun.
Syarbaini, Syahrial. 2010. Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu.
Wijayanti, Kharisma, Andin. 2016. Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMAN 6 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yuniarti, Sri Vinna. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)