ANALISIS NILAI KARAKTER PADA LAGU ANAK KARYA IBU SUD

Nur Mey Pujianti

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini karena banyaknya berita mengenai tindakan kekerasan, pertengkaran, dan penggunaan obat-obatan terlarang, yang dilakukan oleh anak-anak membuat kualitas pendidikan semakin menurun. Permasalahan yang terjadi di kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara, pendidikan karakter dipandang sebagai alternatif jalan keluar atau solusi. Pendidikan karakter dapat diberikan melalui karya sastra. Lagu-lagu yang dipandang baik untuk dikonsumsi anak-anak adalah lagu-lagu yang mengandung nilai pendidikan. Salah satunya adalah lagu anak-anak karya Ibu Sud. Dalam lagu ciptaan Ibu Sud terdapat nilai karakter yang terkandung dalam setiap bait dan lirik lagunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai karakter yang terdapat pada lagu anak karya Ibu Sud..

 

Kata-kata kunci : Nilai karakter, Lagu Anak, Ibu Sud

Full Text:

PDF

References


Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.

Brannen, Julia. 2002. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gunawan, Iwan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Joyce, B & Weils, M. 2004. Models of Teaching. (Seventh Edition). Boston: Pearson Education, Inc.

Kuntowijoyo. 1987. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.

Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character. Jakarta: Bmi Aksara.

Megawangi, Ratna. 2002. “Mampukah Kita Memperbaiki Moral Bangsa”, Suara Pembaruan, (10 Mei 2002)

Moleong Lexy J.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu. I. T, Tristiadi Ardi. A. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang : Bayu Media.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.

Setjoatmodjo, Pranjoto. 1988. Bacaan Pilihan tentang Estetika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu (Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16370

Article Metrics

Abstract view : 4822 times
PDF file view : 16 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16370.g9793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.