HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN EFIKASI DIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16387Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII Mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kematangan emosi dengan efikasi diri pada siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan adalah Kendall’s Tau_b. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala kematanagan emosi dan skala efikasi diri, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Walgito (1984) dalam (Riwayat 2010) dan peneliti berdasarkan teori Bandura (1997). Pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kematangan emosi dengan edikasi diri pada siswa kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019, dengan nilai r = 0,671 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengan demikian, hipotesis peneliti “Ada Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga tahun Ajaran 2018/2019”. Jadi dapat dikatakan hipotesis diterima.
Kata kunci : Kematangan Emosi, Efikasi Diri
References
Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar. Saifuddin. 2013. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti. Budi. 2011. Efektivitas Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Remaja. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta (15 Juli 2013)
Alwisol.2016. Psikologi Kepribadian. Universitas Muhammadyah Malang.
Bandura, A.1997.Self-efficacy:The excercise of control.New York:Freeman.
Baron, R. A & Byrne, D. 1977.Social Psychology:Understanding Human Interaction(2nd ed).Boston:Allyn &Bacon.www.nitop.org/cv pdf/2006/Baron-pubs.06.pdf.Diaskses pada tanggal 15.04.2015.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama.
Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education.New York: McGraw-Hill Higher Education.
George & Mallery. 1995. Metode Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta.
Walgito, B. 1984. Bimbingan dan Konseling Perkawinan. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Soesilowindradini. 1995. Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Santrock, J.W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Chaube, S.P. (2002). Psychology of Adolescents in India. New Delhi. Concept Publising Company.
Chaplin. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Kartini Kartono. Edisi I Cetakan Ke-2 . Jakarta : Grafindo Persada.
Covey, Sean. 2001. The 7 Habits Highly Effective Teens (Alih bahasa : Saputra, Arvin). Jakarta : Binarupa Aksara.
Feist, Jess & Gregory J.Feist.2010.Teori Kepribadian (edisi 7).Jakarta:Salemba Humanika.
Goleman Daniel. 1995. Emotional Intelligence. Jakarta : Gramedia Utama.
Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
Hurlock, EB, 1999. Psikologi Perkembangan ; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan : Edisi ke-5. Alih Bahasa ; Istiwijayanti. Jakarta : Erlangga.
Howard S. dan Miriam W. 2006. Kepribadian. Teori Klasik dan Riset Modern. Edisi Ketiga. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Ilmi, Fathul.2014.Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik StoryTelling Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Skripsi.Bandung:Jurusan Bimbingan dan Konseling.Universitas Pendidikan Indonesia.
Masraroh, Latifatul.2012.Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Efficacy Akademik Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Kelas X Sekolah Menengah Atas Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia Bandung).Skripsi.Bandung:Jurusan Bimbingan dan Konseling.Universitas Pendidikan Indonesia.
Paramitasari. Radhitia. Alifin Nur. Ilham. 2012. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Skripsi: Universitas Airlangga Surabaya. (15 Juli 2013)
Patriani. Isti Ilma. 2006. Kepercayaan Diri Pada Remaja Penghuni Panti Asuhan Ditinjau Dari Harga Diri. skripsi:UNIKA (15 juli 2013)
Riwayat. 2006. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kedisiplinan Siswa SMA. (Skripsi Tidak Diterbitkan) UKSW.
Sri Lestari, Lilis.2011.Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X Mekatronika B SMK Negeri 3 Salatiga Melalui Bimbingan Kelompok Tahun Ajaran 2010/2011.
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sumardjono dan Yustinus. 2016. Teori Kepribadian. Yogyakarta : Ombak
Thantaway, R. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Grasindo.
Utami, W.S. (2008). Korelasi Kepercayaan Diri dan Kematangan Emosi dengan Kompetensi Sosial Remaja di Pondok Pesantren. Skripsi. (Tidak Diterbitkan).Yogyakarta: Fakultas Psikologi UII.
Utomo, Budi. Hanggara. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di SMK. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Malang : Fakultas Psikologi 2007 Universitas Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)