Keefektifan Model Course Review Horay (CRH) Berbantu Media Kartu Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Uswatun Khasanah Jurusan Pgsd, Universitas Pgri, Semarang
  • Rasiman . Jurusan Pgsd, Universitas Pgri, Semarang
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pgsd, Universitas Pgri, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17293

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, (2) Siswa cenderung senang bermain dan bercerita dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, dan (3) Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada keefektifan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantu media kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Sidokumpul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SD Negeri Sidokumpul. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 18 siswa. Desain penelitian menggunakan true experimental design, bentuk yang dipilih yaitu One Group Pretest dan Posttest Design. Alat pengumpulan data berupa tesintelegensi. Hasil analisis uji-t didapat Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang menempuh postest ketika mendapatkan model pembelajaran course review horay berbantu kartu pecahan lebih baik daripada hasil belajar siswa ketika menempuh pretest sebelum mendapatkan model pembelajaran tersebut. Perolehan ketuntasan belajar individu pada postest adalah tuntas 14 dari 18 siswa dan ketuntasan belajar kelompok mencapai 77,8%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media kartu pecahan terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Sidokumpul.

 

Kata kunci: keefektifan, Course Review Horay, Kartu pecahan, matematika

References

Anitah. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ardiani, dkk. Keefektifan pembelajaran CRH berbantuan Kartu Masalah dalam peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan disposisi Matematik Siswa SMP Kelas VII. Diss. Universitas Negerri Semarang, 2015.

Arikunto, Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.

Huda, M. (2015). Cooperatif Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahani, E. P., dkk. “Keefektifan Model Course review Horay Berbantuan Powerpoint pada Kemampuan Pemecahan masalah Siswa”. Unnes Journal Of Mathematic Education 2.3 (2013)

izki, R. A., Triyono, & Suhartono. (2016). PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA KONKRET. kalam Cendekia, vol. 4 No. 3, 360

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shamsudin (Rusmiyati 2018). Kamus Matematika Bergambar untuk Sekolah Dasar.Jakarta: Grasindo

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suprijono. A. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Suryani, Asish, Maulana, and Julia. “pengaruh Pendekatan Course Review horay (CRH) Terhadap PemahamanMatematis dan Motivasi Belajar matematika Siswa Sekolah dasar Pada materi penjumlahan dan pengurangan Bilangan Bulat”. Jurnal Pena Ilmiah 1.1 (2016): 81-90.

Yanthi, kadek Novita. Pengaruh Model Course review horay Berbasis Media audio Visual Terhadap Penguuasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV Sd Gugus VIII Mengwi Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 2017, 5.2.

Downloads

Issue

Section

Articles