Efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17296Abstract
Rendahnya hasil belajar tematik kelas V merupakan hal yang mendorong dalam penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan minat dan motivasi belajar kurang, sehingga membuat siswa kurang aktif. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengetahui efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor terhadap hasil belajar subtema 3 Keseimbangan Ekosistem siswa Kelas V SD N Wonolopo 02, dilihat dari hasil belajar dan ketuntasan belajar. Adapun hasil belajar yang diteliti yaitu hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pree-Experimental Design, dengan rancangan One-Group Pre-test-Post-test Design. Teknik yang digunakan yaitu Sampling Jenuh. Teknik tersebut adalah teknik penentuan sampel, bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pretest dan posttes dibuktikan dengan hasil uji t thitung sebesar 5,903018 > ttabel 1,684 pada taraf signifikan 5%, 2) Rata-rata nilai sikap dan keterampilan siswa juga meningkat dengan menggunakan permainan tradisional gobag sodor, 3) Ketuntasan belajar individu dilihat dari nilai posttest lebih baik dari nilai pretest, terdapat 31 siswa tuntas, dan 5 siswa yang belum tuntas. Ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,11 %. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobag sodor efektif terhadap hasil belajar subtema 3 keseimbangan ekosistem siswa Kelas V SD N Wonolopo 02.
Kata Kunci: Permainan Tradisional Gobag Sodor, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
References
Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.
Arifin, Zainal.2016.Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi.2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Devi, Rachma Pratiwi. Pengaruh Permainan Tradisional Gerobak sodor Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B Di Paud Islam Terpadu Baiturrahman Kecamatan pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.
Hakim, Arief Rahman. 2017.Evektivitas Permaianan Tradisional Gobag Sodor Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Huda, Anwarul. 2015.Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor terhadap Kecerdasan Interpersonal dengan Teman Sebaya pada Anak-anak. Jurnal Psikologi Universitas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Vol.4 No.1 Tahun 2015.
Kadir, Abd dan Asrohah Hanun. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional Dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Komsiyah, Indah.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Linggar, Siti. 2010. Ayo Lestarikan Permainan Tradisional. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.
Toha, Mohammad.2017. Pengembangan model permainan tradisional geprek kempung dan gobag sodor untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Vol.2 No.1 Tahun 2017.
M. fajar, Rivanny. “The Values Of Balogo Traditional Games As The Source Of Social Science Education (IPS) Learning. ATLANTIS PRESS.
Mulyasa.2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Siregar, Eveline & Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng, A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. DI Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
Tedjasaputra, Mayke.S. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)