Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Media Tangram

Authors

  • Dewi Aprilliani Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga,
  • Wasitohadi . Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga,
  • Theresia Sri Rahayu Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga,

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17297

Abstract

Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 05 yang menjadi dasar dilakukannya penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan media tangram. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaboratif dengan guru kelas dengan menggunakan alur perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 05 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar siklus I dan II, kemudian non tes untuk keaktifan belajar siswa. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media tangram berhasil dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya presentase keaktifan siklus I 65,5% kriteria cukup aktif menjadi 92% kriteria sangat aktif pada siklus II. Kemudian presentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus 52% dari 21 siswa menjadi  71% dari 21 siswa pada siklus I. Kemudian menjadi 86% dari 21 siswa pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada kegiatan guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media tangram dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 05 tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: TSTS, keaktifan, hasil belajar, media tangram

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Fatmawati. D. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Jurnal Bandar Lampung, 45-47.

Huda, M., 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajaran.

Indriyani, C. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Kreatif:Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2):189.

Islam, Nur M., & Wardani, Widi K., (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Kelas 5. Jurnal Mitra Pendidikan. 1(6):629:639.

Karim. 2009. Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lie, Anita. 2010. Coopertive Learning. Jakarta: Grasindo.

Lailiyah, Nur & Sukartiningsih, Wahyu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk pembelajaran Ketrampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 6 (7). 23.

Mawardi, M., (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. 8 : 26-40.

Wahyudi & Siswanti, Christy, M., (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 5(3):23-36.

Wahyu, A. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan Bangun Datar Pada Siswa Kelas I SDN Pesantren Tembelang Jombang Tahun Ajaran 2016/2017. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 6(1).

Downloads

Issue

Section

Articles