Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kedisiplinan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17299Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Keefektifan model problem based learning berbantu media audio visual terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Sawanga. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain True Eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, Sampel yang diambil adalah 11 Siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 11 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Nilai kedisiplinan diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, uji homogenitas, dan analisis data akhir dengan uji T-test. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji T-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,990 > 1,725 maka hipotesis dapat diterima, dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning berbantu media audio visual efektif terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Sawangan”. Bedasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengaajar.
Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, media Audio Visual,Kedisiplinan
References
Afifudin. 2017. “Karakter Disiplin dan percaya Diri Melalui Model Pembelajaran problem Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan”. Journal UNNES. Vol 6 No 2 Hal 240-247. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/19327. Diakses 14 Februari 2019.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
________. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Author (2009). Problem based learning and prospective teachers: Implications for problem solving and practice. Journal on Excellence in College Teaching, 20
Bilgin. I, Senocak. E, and Zozbilir. M. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education., vol 5 (2).
Djamarah, Syaiful bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka cipta
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, Jpii 3 (1) (2014) 95-101
Fathurohman, Muhammad. 2016. Model Model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Malang: AR-RUZZ Media
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajarr. Bandung: Pustaka Setia.
Hudoyo, H. 2008. Metode Teknik dan Strategi dalam Belajar. Bandung: Tarsito.
Jeong, H., & Hmelo Silver, C. E. (2010). Productive use of learning resources in an online problem-based learning environment. Computers in Human Behavior, 26,
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017
Sanaki, H.A. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukuba.
Simone, Cristina De. 2014. Problem Based Learning in Teacher Education. International journal Humanities and social science Vol 4 No 12.
Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73
Soegeng, A.Y, dan Suharno, Agus. 2010. Statistika Inferensial.Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudjana, M.A. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Walker, A. & Leary, H. 2009. A problem based learning meta analysis: differences across problem types, implementation types, disciplines, and assessment levels. Journal of Problem-based Learning, Vol. 3 No. 1, pp. 12-43.
Wulandari, Nadiah., Sjarkawi & Damris M. 2011. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi. 1(1). 14-24
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)