STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SD NEGERI GAYAMSARI 01
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17332Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya suatu kasus di Sekolah Dasar yaitu perilaku menyimpang pada perilaku seksual pornografi terhadap siswa. Studi kasus ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab, tempat, waktu, pelaku, proses siswa dapat berperilaku menyimpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa berperilaku menyimpang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang adalah teman sebaya karena adanya partner seks abnormal yaitu pornografi. Meski berperilaku menyimpang, siswa tersebut dalam kesehariannya menunjukkan perilaku baik seperti tertib menaati peraturan sekolah, sopan pada guru, menjalin interaksi yang baik dengan teman. Pihak sekolah, guru dan orang tua berupaya mengatasi perilaku menyimpang siswa dengan menasehati, dan memberikan perhatian khusus pada siswa agar berbuat baik.
Kata kunci: Studi Kasus,Perilaku Menyimpang.
References
Afrianingsih, Anita, Dicky Setiardi, and Mufid mufid. ”Pengembangan Sikap Perilaku Anak melalui Proses Pembelajaran di Kelas Inkluisi dan Reguler.” Journal of studies in early Childhood Education (J-SECE) 1.2 hlm. 91-96.
Darwis, Abu. 2006. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Desmita, 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Erlin, okvianti. (2016). ”Studi Kasus Siswa Perilaku Menyimpang Siswa Kelas 1 Sd Negeri Ngemplak Nganti Sleman”. Basic education. 5.19. hlm. 823-829.
Kartono, Kartini. 1989. Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung: Mandar Maju
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung: Mandar maju
Krisdayanti, R.N., Amin, M. and Junaidi, J., 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Dan Kinerja Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2017). Jurnal Riset Akuntansi, Volume 8, Nomor 05.
Meilani, E.R., Suwarti, S. and Wulandari, D.A., 2018. STUDI KASUS TENTANG PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI LESBI. Psycho Idea, Volume 16, Nomor 1, pp.75-87.
Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Puspa, J.S., Darmawan, A. and Pratiwi, N.M.I., 2018. Presepsi Mahasiwa Terhadap Tattoo Di Tubuh Manusia: Studi Kasus Mahasiswa Perempuan Fisip Untag Surabaya. Representamen, Volume 1, Nomor 02.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2013.Psikologi Reamaja.Jakarta: Rajawali Pers
Siahaan, Jokie M. S. 2009. Perilaku Menyimpang Pendekatan Sosiologi. Jakarta: PT Malta Printindo
Soegeng, A.Y., Ghufron Abdullah dan Kasihadi. 2016. Landasan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Umum
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan Pendeketan Kuantitaf, Kulitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulianto, Joko, Mei Fita Asri Untari, and Fitri Yulianti. (2014). ”Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa SD.” Mimbar Sekolah Dasar 1.2. hlm. 113-122.
Undang-undang RI. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Willis, Sofyan S. 2008. Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta
Wijaya, L.T. and Nasiwan, N., 2018. Perilaku Menyimpang Anak Buruh Migran Di Dusun Karangturi Desa Karangturi Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Social Studies, Volume 7, Nomor 1, pp.66-77.
Yudia, S.M., Cahyo, K. and Kusumawati, A., 2018. Perilaku Seksual Pranikah Pada Mahasiswa Kost (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi “X” Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Volume 6, Nomor 1, pp.819-825.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)