STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SD NEGERI GAYAMSARI 01

Authors

  • Noor Kholifah Sa’idah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17332

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya suatu kasus di Sekolah Dasar yaitu perilaku menyimpang pada perilaku seksual pornografi terhadap siswa. Studi kasus ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab, tempat, waktu, pelaku, proses siswa dapat berperilaku menyimpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa berperilaku menyimpang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang adalah teman sebaya karena adanya partner seks abnormal yaitu pornografi. Meski berperilaku menyimpang, siswa tersebut dalam kesehariannya menunjukkan perilaku baik seperti tertib menaati peraturan sekolah, sopan pada guru, menjalin interaksi yang baik dengan teman. Pihak sekolah, guru dan orang tua berupaya mengatasi perilaku menyimpang siswa dengan menasehati, dan memberikan perhatian khusus pada siswa agar berbuat baik.

                                                                                           

Kata kunci: Studi Kasus,Perilaku Menyimpang.

References

Afrianingsih, Anita, Dicky Setiardi, and Mufid mufid. ”Pengembangan Sikap Perilaku Anak melalui Proses Pembelajaran di Kelas Inkluisi dan Reguler.” Journal of studies in early Childhood Education (J-SECE) 1.2 hlm. 91-96.

Darwis, Abu. 2006. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Desmita, 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Erlin, okvianti. (2016). ”Studi Kasus Siswa Perilaku Menyimpang Siswa Kelas 1 Sd Negeri Ngemplak Nganti Sleman”. Basic education. 5.19. hlm. 823-829.

Kartono, Kartini. 1989. Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung: Mandar Maju

Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung: Mandar maju

Krisdayanti, R.N., Amin, M. and Junaidi, J., 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Dan Kinerja Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2017). Jurnal Riset Akuntansi, Volume 8, Nomor 05.

Meilani, E.R., Suwarti, S. and Wulandari, D.A., 2018. STUDI KASUS TENTANG PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI LESBI. Psycho Idea, Volume 16, Nomor 1, pp.75-87.

Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Puspa, J.S., Darmawan, A. and Pratiwi, N.M.I., 2018. Presepsi Mahasiwa Terhadap Tattoo Di Tubuh Manusia: Studi Kasus Mahasiswa Perempuan Fisip Untag Surabaya. Representamen, Volume 1, Nomor 02.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2013.Psikologi Reamaja.Jakarta: Rajawali Pers

Siahaan, Jokie M. S. 2009. Perilaku Menyimpang Pendekatan Sosiologi. Jakarta: PT Malta Printindo

Soegeng, A.Y., Ghufron Abdullah dan Kasihadi. 2016. Landasan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Umum

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI SEMARANG

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan Pendeketan Kuantitaf, Kulitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sulianto, Joko, Mei Fita Asri Untari, and Fitri Yulianti. (2014). ”Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa SD.” Mimbar Sekolah Dasar 1.2. hlm. 113-122.

Undang-undang RI. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Willis, Sofyan S. 2008. Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta

Wijaya, L.T. and Nasiwan, N., 2018. Perilaku Menyimpang Anak Buruh Migran Di Dusun Karangturi Desa Karangturi Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Social Studies, Volume 7, Nomor 1, pp.66-77.

Yudia, S.M., Cahyo, K. and Kusumawati, A., 2018. Perilaku Seksual Pranikah Pada Mahasiswa Kost (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi “X” Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Volume 6, Nomor 1, pp.819-825.

Downloads

Published

2019-04-16

How to Cite

Kholifah Sa’idah, N., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2019). STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SD NEGERI GAYAMSARI 01. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17332

Issue

Section

Articles