KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17336Abstract
Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya dalam pembelajaran IPA.namun pada kenyataannya yang ada di SD Negeri 03 kedalon kecamatan batangan kabupeten pati pada pembelajaran IPA masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional selain itu ada beberapa siswa yang belum memahami materi dalam mata pelajaran IPA. Hal ini berakibat terhadap hasil belajat IPA yang kurang memuaskan. siswa kelas IV SD Negeri 03 kedalon kecamatan batangan kabupaten patiterdapat 21 siswa dari jumlah siswa keseluruhan ada 16 siswa yang nilainya masih di bawah criteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang berbeda dari pembelajran yang konvesional. Salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scramble. Dalam berbagai penelitian sudah banyak peneliti menggunakan model pembelajaran scramble salah satunya yang telah di uji oleh (sya'ban, 2016) dan dinyatakan berhasil.
Kata kunci : model scramble, hasil belajar.
References
Andriyani, P. I. , I M. Tegeh, I W. Suwatra. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (3) pp. 246-255.
Artini, Anak Agung Ayu Sri Vidya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelass V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal PGSD Undiksha, Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.
Astuti, Ni Kd. Widi, I Kt. Gading , Dw. Nym. Sudana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Burhandudin, S. d. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal pendidikan , 1.
Citrasmi, N.W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.4, No.1.
Deviana, Ni Luh Novita, I Wayan Wiarta, Komang Ngurah Wiyasa. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal Educatonal Technology Universitas Pendidikan Ganesha Volume 1 Nomor 2. Di akses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/11775
Farida, Umul, Ferina Agustini, Husni Wakhyudin. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS Siswa Kelas III SD Negeri Kebondalem 01 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1 (3) pp. 192-199.
Himawati, Azizah, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol.3, No.5.
Ilyas, Muhamad. 2014. Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 3, No. 1.
Kahfi, Khairul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Viiib Di Smp Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Mataram Repositori
Rakhmawati. 2012. “Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol. 1, No. 1.
Ramadani. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media.
Samatowa, u. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Saridewi, N..P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester I SD No. 3 Legian Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 1, No. 3.
Sugiono. (2017). Metode Penalitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND.Bandung: Alfabeta.
Suliadi, Ilham dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 8 Palu. Jurnal akademik Kimia. Vol.6, No.4.
Susanto, P. (2018). Belajar Tuntas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sya'ban, V. M. (2016). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta. jurnal pendidikan guru sekolah dasar , 25.
Zain, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)