MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN BAHAN MANIPULATIF BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA

Authors

  • Ni Luh Novita Deviana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11775

Keywords:

scramble, bahan manipulatif, kompetensi pengetahuan matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif terhadap kompetensi pengetahauan matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang banyaknya 344 siswa. Sampel  ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen  dan kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah  masing-masing kelompok sebanyak 45 siswa pada kelompok ekperimen dan 48 siswa pada kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif berjumlah 20 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis dengan t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 7,27 dan ttabel(α = 0,05, 91) = 1,980 (thitung> ttabel), sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan  menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eskperimen lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok kontrol (= 78,39 >  = 60). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2014. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kurniasih, Imas dan Berlin Sari. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Univeritas Terbuka

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Patricasari, Ni Putu Lisa Andreyani. 2014. “Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Letda Kajeng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2 No: 1

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryanta, I Made. 2014. “Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2 No: 1

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Deviana, N. L. N., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN BAHAN MANIPULATIF BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11775

Issue

Section

Articles