MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN BAHAN MANIPULATIF BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11775Keywords:
scramble, bahan manipulatif, kompetensi pengetahuan matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif terhadap kompetensi pengetahauan matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang banyaknya 344 siswa. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 45 siswa pada kelompok ekperimen dan 48 siswa pada kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif berjumlah 20 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis dengan t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 7,27 dan ttabel(α = 0,05, 91) = 1,980 (thitung> ttabel), sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eskperimen lebih dari rata-rata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok kontrol (= 78,39 > = 60). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan bahan manipulatif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2014. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kurniasih, Imas dan Berlin Sari. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Univeritas Terbuka
Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Patricasari, Ni Putu Lisa Andreyani. 2014. “Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Letda Kajeng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2 No: 1
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryanta, I Made. 2014. “Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 2 No: 1
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)