KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTU MEDIA PAPAN PUTAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN TEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17337Abstract
Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantu media papan putar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pembelajaran tematik di SD Negeri Rejosari 03. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Simple Random Sampling, dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populsi itu. Desain Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Designs dengan bentuk Pretest – Posttest Control Group Design. Dalam bentuk desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak (random), kemudian diberi Pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil Pretest yang baik bila nilai kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Pengaruh perlakuan adalah (O2 – O1) – (O4 – O3).
Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Media Papan Putar, Prestasi Belajar.
References
Ahmadi dan Widodo.2013,Psikologi Belajar,Jakarta:PT.Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arsyad,2014.Media Pembelajaran,Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Azwar,2014.Reliabilitas dan Validitas,Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Candra, Ni Made Yuni, Made Putra, I Ketut Ardana. 2017. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS LETDA MADE PUTRA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2
Dewi, I. A. Kd. Novia Puspita. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol5, No 2.
Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hermayanti, Putu, Made Sumantri, I Komang Sudarma. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 2, Tahun 2018, pp. 151-159 P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174 Open Access: ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Jurnal.M Nur Rofiq.2017. pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan agama islam
Jurnal.2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap aktivitas dan Prestasi belajar pada tema cita citaku kelas IV SD Negeri jomblang 01 Semarang. Skripsi dipublish.Semarang
Jurnal.Tria Agus Setyaningrum.2018. Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantu media CD interaktif pada materi IPA Terhadap Motivasi belajar siswa kelas V SDN Pleburan 03 Semarang.Skripsi dipublish: Semarang
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018 tentang Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013.
Kusumadiputra, Made Novta, Ketut Agustini, Gede Aditra Pradnyana. 2017. Study Komparatif Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 6, No 1. Di akses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/9924
Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.
Nuryani, Siti, Henry Januar SaputraMei Fita Asri Untari. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPS. International Journal of Elementary Education. Volume 2, Number 4, Tahun 2018, pp. 331-339. Di akses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE.
Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.
Rusman,2010.Model- model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru,Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Sadiman,2002.Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta : Sari Pustaka Teknologi Pendidikan
Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. 2015. Effects of using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology, Vol.3 No.3, Hal. 1-11.
Shoimin,2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Suari, Mirah Marlia. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-6 Semester 1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009”. E-Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2008.
Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.
Sugiyono,2010.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Sugiyono,2015.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196
Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Shoimin,2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sugiyono,2010.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Sugiyono,2015.Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Tarigan, R. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA Fisika di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. 4 (2), hlm. 50-55
Yudianto, Wisnu D., Kamin Sumardi, Ega T. Berman. 2014. MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK . Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)