KLASIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 02 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17628Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pembelajaran matematika di sekolah dasar dan untuk mendiskripsikan klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualilatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalauiobservasi, wawancara, kuesioner serta untuk pengumpulan data kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan soal tes tertulis. pembelajaran matematika termasuk dalam kategori baik dengan persentase 67,5%, data klasifikasi penalaran matematis didapatkan persentase 50% pada aspek penalaran memahami pengertian dalam kategori rendah, pada aspek penalaran berpikir logis termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase 25%, pada aspek penalaran memahami contoh negatif dan menentukan strategi termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 47,2%, pada aspek penalaran berpikir deduksi termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase 16,6%. pada aspek penalaran berpikir sistematis dan membuat alasan termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 38,8%, pada aspek penalaran berpikir konsisten termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 33,3%, pada aspek menarik kesimpulan termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 36,1%, pada aspek menentukan metode termasuk dalam kategori sangat rendah dengan persentase 22,2%. Secara keseluruhan didapatkan hasil persentase sebesar 35,55% dengan kategori rendah
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Penalaran, Sekolah Dasar.
References
Adnan, Muh Ridwan. 2017. “Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa”. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin Makassar.
Amir, Z dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Bani, Asmar. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI,Bandung . Artikel. Diakses 04 Juni 2018.
Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Tujuan Pendidikan nasional Indonesia. Jakarta : Depdiknas.
Hasratuddin (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2
Indah ,Istiani (2017). REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah dasar). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta Vol. 4, No. 1, Juli 2017
Musthafa , Azmil (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember (Analysis of Level Students Reasoning Ability in Resolving Problems of The Story GCD and LCM State Class VII B Junior High School 10 Jember . Jurnal Edukasi Unej 2014, I (3).
Najemi ,Chairin (2014). Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme . Jurnal Pendidikan IPA NATURAL Volume 1 No. 1 tahun 2014
Sa’adah, Widayanti Nurma. 2010. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur Pengembangan Matematika SMA Jenjang Dasar, Yogyakarta, 6-19 Agustus.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Sulianto, Joko.2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Open Ended Dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah pada Materi Segitiga di Kelas VII”. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/64. Artikel. Diakses 22 Oktober 2018.
Sumartni T. S. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Artikel. Diakses 04 Juni 2018.
TIM MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Yuliana ,Rahmita (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 3, September-Desember 2016
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)