The Assessment Instrument for Children's Balance Development Abilities

Mega Eni Lestari, Putu Aditya Antara, Putu Rahayu Ujianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian perkembangan kemampuan keseimbangan anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Wisata Kumara Timur. Kemampuan keseimbangan anak dengan rentang usia 4-6 tahun penting untuk diketahui karena anak sedang dalam masa pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Pengumpulan data dilakukan pada tahap studi pendahuluan dengan melakukan observasi pada proses pembelajaran dan wawancara bersama guru dan kepala sekolah. Data yang telah terkumpul kemudian dikembangkan menjadi indikator untuk kuisioner yang akan disebar kepada guru. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukan hasil yang sangat tinggi. Skor pada uji validitas sebesar 0,92 dan skor pada uji reliabilitas sebesar 0,80. Kedua skor tersebut berada pada kategori yang sangat tinggi. Hal itu mengindikasikan bahwa instrument telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik dan layak untuk digunakan.


Keywords


Instrumen penilaian; keseimbangan; anak usia dini

References


Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Chang, Y.-W., Wu, H.-W., Hung, W., & Chiu, Y.-C. (2009). Postural responses in various bases of support and visual conditions in the subjects with functional ankle instability. International Journal of Sport and Exercise Science, 1(4), 87–92.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik disekolah. Divapress.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Gunartha, I. W., Kartowagiran, B., & Suardiman, S. P. (2019). Pengembangan instrumen pengukuran tingkat perkembangan anak usia dini (Paud). Widyadari, 20(2), 294–306. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997

Hakim, R. M. Al, & Rohmah, L. (2018). Pengembangan fisik motorik melalui gerak tari di kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 269–286.

Hapsari, I. I. (2016). Psikologi perkembangan anak. Indeks.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan model penilaian pendidikan karakter anak usia dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17

Kumalasari, N. (2015). Mengembangkan kemampuan motori kasar melalui permainan lompat tali pada anak kelompok A TK Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015.

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010

Mutohir, T. C., & Gusril, G. (2004). Perkembangan motorik pada masa anak-anak. Depdiknas.

Pratama, R. N., Abidin, Y., & Ismail, M. helmi. (2019). Meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini mealui metode bercerita menggunakan media pop-up book. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Susanti, J., & Irfan, I. (2010). Pengaruh penerapan motor relearning programme (MRP) terhadap peningkatan keseimbangan berdiri pada pasien stroke hemiplegi. Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, 11(2), 126–143.

Susilawati, N. L., Suadnyana, I. N., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok b. Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 43–53.

Wijayanto, P. A., Allifah, A., & Amirrudin, A. (2016). Evaluasi kualitas instrumen tes dalam pembelajaran geografi di MAN 2 Kota Baru. Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 13(2), 102–224. https://doi.org/10.15294/jg.v13i2.7969

Wisudayanti, K. A. (2017). Peningkatan motorik halus anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 1(2), 8–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.30636

Article Metrics

Abstract view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.