PERBEDAAN INTENSITAS TERKENA BULLYING DILIHAT DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16356Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen 01 Salatiga dengan jumlah sampel 158 orang siswa, untuk mengetahui signifikansi perbedaan tipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert di dalam frekuensi terkena Bullying, sampel diambil dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Dari hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa terdapat 84 orang siswa tergolong dalam tipe kepribadian ekstrovert dan 74 orang siswa tergolong dalam tipe kepribadian introvert, dalam intensitas terkena bullying siswa Sma Kristen 01 Salatiga mendapatkan hasil siswa dengan intensitas terkena bullying disekolah paling banyak berada pada kategori Sedang dengan jumlah sebanyak 67 orang siswa (42,5%), disusul pada kategori Rendah dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang siswa (34,0%), pada kategori Sangat Rendahsebanyak 20 orang siswa (12,7%) pada kategori Sering sebanyak 11 orang siswa (7%), dan pada kategori Sangat Sering sebanyak 6 orang siswa (3.8 %). Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai uji (nilai t hitung) sebesar-7,54 dengan signifikansi pada pengujian satu sisi sebesar 0,452,nilai signifikansi tersebut <α (0,05). Berdasarkan hasil uji ini, berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata data yang diuji, atau dengan perkataan lain bahwa kedua data yang duji menunjukkan perbedaan yang signifikan.
References
Boeree, Dr. C. Rogers. 2004. Personality Theories. Yogyakarta : Prismasophie
Budiarti, Amalia Lusi. 2009. Intensitas tekena Bullying ditinjau dari Tipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Skripsi fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Chaplin, J.P. (terjemahan Kartini Kartono). 2005. Kamus lengkap psikologi. Jakarta: P.T Raja Gravindo Persada
Coloroso, Barbara. 2006. Penindas, tertindas dan penonton, resep memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga SMU. Jakarta : Serambi
Coyne, Seigne.,& Randall (2000). The relationship among agresion types, depression and anxiety in bullies, victims, and bully/victims. Personality and individual differences. Seattle WA : HeinemannBooks.
Fatmawati, Rachma. 2017. Perbedaan Sabar Pada Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Dewasa Awal. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia Vol. 2, No. 1, Hal 65-73.
Ika Zenita Ratnaningsih. 2015. Manajemen Emosi Sesuai Tuntutan Kerja (Emotional Labor) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Pada Wiraniaga. Jurnal Psikologi Undip Vol.14 No.1, 21-28
Loekmono, J.T Lobby. 2003. Model – model konseling. Salatiga : Widya sari press.
Putri, Nanda, Fathra Annis Nauli, Riri Novayelinda. 2015. Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Hertika. JOM Vol 2 No 2.
Puspitasari, Y.P; Zaenal. A & Dian R. S. (2010). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ratnaningsih, I. Z. (2015). ManajemenEmosi Sesuai Tuntutan Kerja (Emotional Labor) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Pada Wiraniaga. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 21-28
Rosida, Edwina Renaganis, Tri Puji Astuti. 2015. Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert . Jurnal Empati,Volume 4(1), 77-81
Sinuraya. (2009). Hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan perilaku agresi pada remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widyastuti, Fatmasari. 2017. Perbedan Tingkat Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Introvert Dan Ekstrovert Di Sma Piri 1 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)