KEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA HERBARIUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16368Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu Media Herbarium Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD N Pandeanlamper 04 Seamarng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobality sampling, sampling dengan jenis sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Pandeanlamper 04 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu media Herbarium efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci : Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Media Herbarium, Motivasi
References
Arikunto, S. 2013. "Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan". Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Astuti, Ni Putu Eka Yuni. 2011. “Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction/DI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas VIII di SMP 6 Singaraja Tahun 2011”. E- Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2011 (25).
Azhar Arsyad. 2016. "Media Prmbrlajaran". PT Rajawali Pers.
Daniel, Goleman. 2004. "Kecerdasan Emosional". Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewiyanti , Ni Kd. & I Kt Adnyana P., I W. Wiarta. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika “. JIPP Volume 2 Nomor 1 April 2018 (29-37).
Fatmawati. As., I Nym. Jampel, I Wyn. Widiana. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD”. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha. Di akses melalui ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article%20/viewFile/1262/1125.
Kariyana, I Kadek.2014 “Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola”. Jurnal Penjakora Vol 2 No 1 2014 (1-11).
Hake, R. R. 1999. "Analyzing Change/Gain Scores". Dipetik April 5, 2018, dari www.physics.indiana.edu/: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.
Hobri. 2009. "Model-model Pembelajaran Inovatif". Jember: Center For Society Studies (CSS).
Huda, M. 2014. "Model – Model Pengajaran dan Pembelajran". Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Majid. 2014. "Strategi Pembelajaran". Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.
Muliantika, Pt. Frendita I Gd. Margunayasa, I Md. Citra Wibawa. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.
Putri, Dewi Siswanti & Mawardi.2017. ” The Application Of Teams-Games-Tournament (TGT) To Increase Students’ Activeness And Learning Outcomes “. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50 (2), July 2017, 60-68.
Priliyani, Eka. Mujihardi. 2014. “Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Monopoli Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Kalirejo II Kabupaten Pasuruan”. Junal Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan.
Qurrota, Dewi & I Nyoman Suardana, I Made Suwenten, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 1, Nomor 2, 2017.
Rohmah, Emay Aenu, Wahyudin. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa”. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, ISSN 2085-1243 Vo. 8. No.2 Hal 126-143.
Saefuddin, a. 2014. "Pembelajaran Efektif". Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saptayanti, Gusti Ayu Kade Emi, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Shoimin, a. 2014. "Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013". Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Slavin, R. E. 2009. "Cooperative learning Theori Reseach and Practic". Allyn and Bacod Baston.
Solihah, Ai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Agustus 2016 ISSN: 2527-967X
Suari, Mirah Marlia. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-6 Semester 1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009”. E-Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2008.
Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.
Sudjana, Nana. 2005. "Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar". Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono. 2011. "Cooprative Learning (teori & Aplikasi Paikem)". Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2015. "Metode Penelitian Pendidikan". Bandung: Alfabeta cv.
Supardi. 2013. "Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya". Jakarta: Rajawali Pers.
Triyanto. 2010. " Model Pembelajaran Terpadu". Jakarta: Bumi Aksara.
Tukisan Taniredja, Efi Miftah, Faridli. 2015. "Model-model Pembelajaran Inovatif". Bandung: Alfabeta.
Uyanto, PH.D. 2006. " Pedoman Analisis Data dengan SPSS". Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wulandari, Novita. 2014. “Penerapan Pembelajaran Kooperatid Tipe Times Games Tournament (TGT) Melalui Media Permainan Ular Tangga yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumbersuko 02 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang”. Jurnal FKIP Universitas Kanjuruhan Vol 2 No 1 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)