HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN KONFORMITAS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16390Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara penyesuaian sosial dengan konformitas siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s Tau. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 107 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, untuk skala yang pertama penyesuaian sosial berdasarkan teori dari Hurlock (1999), diadopsi dari Kurnia (2011) dan skala yang kedua konformitas berdasarkan teori dari Sears (1999), diadopsi dari Desy (2013). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan penyesuaian sosial dengan konformitas siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2018/2019, dengan nilai r = 0,553 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,01. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan.
Kata kunci : Penyesuaian Sosial, Konformitas
References
Ali, Mohamad. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung:
Angkasa.
Azwar, S. 2003. Penyusunan Skala Psikologi Cet12. Yogyakarta: Pustaka Pelalajar.
Azwar, S. 2009. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agustian, Hendrianti. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Refika Aditama.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aula, Miftaul. (2011). Hubungan antara Penyesuaian Sosial dengan Kecenderungan Agresi di SMK N 2 Malang. (www.uii.com).Diunduh pada tanggal 18Juli 2018, pukul 08.30 WIB.
Baron, R.A, & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Chaplin, J. P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Desy Daryanti. (2013). Hubungan antara Konformitas dengan Konsumsi Minuman Beralkohol Siswa Kelas XI di SMA N 1 Tengaran. (www.repository.uksw.edu). Diunduh pada tanggal 31 Mei 2018, pukul 15.00 WIB.
Dewinta Priyanti. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Merokok Siswa Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta. Diunduh pada tanggal 18 Juli 2018, pukul 07.27 WIB.
George & Mallery. 1995. SPPS/PC, Step by Step: A Simple Guide and Reference.
Balmont: Wadsworth Publishing Companu.
Gunita Aryani. (2006). Hubungan antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja di SMA Negeri 1 Semarang. Diunduh pada tanggal 12 Juli 2018, pukul 10.03 WIB.
Hurlock, E. B. (1990). Alih Bahasa : Med Meitasari T dan Muslichah Z, Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta : Erlangga.
------------------. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Terjemahan Oleh Meitasari. Jakarta: Erlangga.
Kartono, K. (2000). Bimbingan Bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali.
Kurnia, Angga Rintyan. (2011). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Kelas XI SMA Theresiana Salatiga. Skripsi (tidak diterbitkan). Salatiga: FKIP bimbingan dan konseling.
Muh. Fahmi. Saefudin. (2013). Hubungan antara Penyesuaian Sosial Agresivitas di SMA N 2 Salatiga. (www.repository.uksw.edu).Diunduh pada tanggal24 Mei 2018, pukul 18.00 WIB.
Myers, D. G. (1999). Social Psychology.New York: Mc, Graw Hill Inc.
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial (Sosial Psychology) Edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.
Nurdin. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah. (www.respository.upi). diunduh pada tanggal 31Mei 2018, pukul 15.15 WIB.
Pramadi, A dan Ratnaningsih, J. (1996). Hubungan Pola relasi Remaja & Orang Tua dengan Kemampuan Penyesuaian Diri di Lingkungan sosial Pada mahasiswa . sem II. Anima, Vol. XI. No. 43. Surabaya : Anima.
Sarwono, S.W. (2001). Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga
Sarwono, S.W. dan Meinarno, E.A. (2014).Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Sears, D.D. dan Peplau, L.A. (1999).Psikologi Sosial. Alih Bahasa: Michael, A. Jilid kedua. Jakarta: Erlangga
Sears, D. O. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Sears, David, dkk. (2009).Psikologi Sosial. Edisi kedua belas. Jakarta: Kencana Preneda Media Group
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Taylor, S.E. Peplan, L.A. dan Sears, D.O. (2009).Psikologi Sosial. Jakarta: Prenamedia Group.
Yusuf, Syamsu. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zebua, A.S dan Nurdjayadi, R.D. (2001). Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri.PHRONESIS, Vol 3. Jakarta: Universitas Taruma Negara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)