HUBUNGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16359Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa SMA Kristen Salatiga 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Kendall Tau dengan bantuan program SPSS Windows 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi berprestasi yang termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,6% dan layanan tutoring berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,1%. Berdasarkan analisis data, rxy = 0,329 dihasilkan dengan p = 0,000 <0,05, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Dengan demikian semakin tinggi skor pelaksanaan layanan bimbingan belajar, semakin tinggi skor motivasi berprestasi siswa, maka pelaksanaan layanan bimbingan belajar perlu ditingkatkan agar motivasi berprestasi siswa meningkat.
Referensi
Abidin, Zainal. 2006. “Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Insania|Vol. 11|No. 1|Jan-Apr 2006|34-48 1 P3M STAIN Purwokerto .
Andayani, Ni Putu Sri Nonik & Made Sulastri , Gede Sedanayasa. “Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, Tahun 2014.
Andi Thahir, Babay Hidriyanti. 2014.”Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang”. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 01 (2) (2014) 63-76 Https://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Konseli.
Azwar, S. (2003). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Devi Lailatul Maufiroh, Yuline, Busri Endang.2015. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA N 10 Pontianak”. Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Untan Pontianak Vol 2 No 1 2015.
Dwija , I Wayan. 2008. “Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 1 TH. XXXXI Januari 2008.
Hapsari, S. 2004. Hubungan antara Harga Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja di Dukuh Sidoarjo Salatiga. Skripsi (tidak diterbitkan). Salatiga: Fakultas Psikologi: Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Mochamad Nursalim. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Erlangga.
Oemar Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara
Rina, Ni Nyoman & Gede Sedanayasa, Ni Made Setuti.2013. “Penerapan Bimbingan Belajar Melalui Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Budi Pekerti”. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Vol 1 No 1 2013 (46)
Syamsu Yusuf, L.N & Juantika Nurishan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Titis, F.P.A. 2015. Hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI-MIA SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal mahasiswa Unisri (Online).2015 Retrieved from http://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/viewFile/96/74.
Wijono, Sutarto. 2012. Psikologi Industri dan Organisasi. Kencana.
Winkel. W.S dan Hastuti, Sri. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)