PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP DISIPLIN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16391Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bringin khususnya kelas X MIPA. Pengambilan subyek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala interaksi teman sebaya mengacu pada teori dari Darten (Sulistyo, 2013) dan skala disiplin siswa mengacu pada teori dari Hurlock (2013) dan dikembangkan Prastika. D, (2015). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang ditunjukkan dengan R Square sebesar 0,205 dan Sig = 0,000 < 0,05. Sumbangan relatif interaksi teman sebaya sebesar 20,5% terhadap disiplin siswa menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.
Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Disiplin.
Referensi
Agstina D.R. 2015. Pengaruh Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Akutansi SMK Gatra Praja Pekalongan. Semarang: Skripsi. Fakultas Ekonomi. UNES. (http://lib.unnes.ac.id/21403/1/7101411280%2Ds.pdf) Di unduh 1 Juli 2018.
Ali, Mohamad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan srtegi. Bandung: Angkasa.
Azwar, Safuddin. 2004. Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.
George. D& Mallery, P. 1995. SPSS forwindows step by step: A Simple Guide and Reference (10th end). Boston: Pearson.
Gerungan, 1996. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.
Hurlock.E.B, 2013 Perkembangan Anak Jilid Dua :Edisi Keenam. Alih Bahasa: Tjandrasa, Meitasari. Jakarta: Erlangga.
Idrus, M. (2007). Hubungan antara Teman Sebaya dengan Kompetensi Interpersonal pada Mahasiswa. Yogyakarta: SkripsiFakultas psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. (Tidak diterbitkan) (http://psychology.uii.ac.id).
Marisal. 2012. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Kajian Gender.
(http://www.kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/58). Diunduh 19 Juli 2018.
Padmomartono, Sumardjono, 2014. Konseling Remaja. Yogyakarta : Ombak. 2013. Konseling remaja. Salatiga : UKSW.
Paul,M.D & Henry A, 2008 Konseling Psikoterapi Anak. Yogyakarta : Idea Publishing.
Prastika, D, 2015 Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin siswa Kelas XI IPA I,III, dan IV SMA N 3 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Salatiga: Skripsi. FKIP. UKSW.
Rani A.G Cipta.. 2014. Pengaruh Tingkat Bergaul Dan Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMK YP 17 Magelang. Yogyakarta: Skripsi. Fakultas Ekonomi. UNY. (http://eprints.uny.ac.id/15234/1/FULL%20SKRIPSI.pdf) Di unduh 12 Juni 2018.
Rawambaku & Mbungi R . 2006. Kedisplinan dalam Pendidikan. Salatiga : Widya Sari Press.
Saputra,H.Y. 2017. Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2016/2017. Salatiga: Skripsi. FKIP.UKSW. (http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/14309/2/T1_132011036_BAB II.pdf) di unduh 18 Juli 2018.
Saputro. S Tego & Pardiman. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akutansi Angkatan 2009 UNY. Yogyakarta: Jurnal. Fakultas Ekonomi. UNY (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/923&hl=id-ID) Di unduh 10 Juli 2018
Soetedjo & Tagela, U. 2003. Disiplin dan Kinerja Aparatur Pemda. Salatiga : Widya Sari Press.
Sugiyono.2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatifdan R n D . Bandung : Alfabeta.
.2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatifdan R n D . Bandung : Alfabeta.
.2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatifdan R n D . Bandung : Alfabeta.
Sulistyo, F. 2013. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kompetensi Interpersonal pada Anggota Palang Merah Remaja Wira Palang Merah Indonesia. Salatiga: Skripsi FKIP. UKSW.(http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7372/2/T1_132009021_BAB%20II.pdf ) Di Unduh 24 Mei 2018.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT.Gramedia W.I.
Unaradjan, D. 2003 Managemen Disiplin Jakarta : PT Gramedia.
Walgito, B. 2000. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka cipta.
Yuanita, U.D. 2014 Hubungan antara Interaksi sosial dalam kelompok Teman sebaya dengan keampuan sosialisasi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pabelan Tahun pelajaran 2014 / 2015.Salatiga : Skripsi FKIP. UKSW (http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5549) . Di unduh 24 Juli 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)