Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa

Penulis

  • Faradiba Polisiandani Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,
  • Mudzanatun . Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,
  • Prasena Arisyanto Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17294

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence berbantu media Puzzle terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Peterongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.  Karena terdapat pretest  sebelum diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, kemudian dilakukan posttest. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Concept Sentence, yang dilambangkan dengan “X”. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keterampilan menulis siswa, yang dilambangkan dengan “Y”. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Peterongan yang berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah  Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel.teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Posttest lebih tinggi dari Pretest maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence berbantu media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Peterongan tahun pelajaran gasal 2018/2019.

 

Kata Kunci: Concept Sentence, Karangan Narasi, Keterampilan Menulis, Media Puzzle.

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar, Asfah Rahman. 2016. Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Pelajar

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumerti, Ni Luh. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Concept sentence berbantuan Gambar berseri Terhadap Keterampilan Menulis siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 2014, 2.1.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, Tri Yogi. Penerapan Model Concept Sentence Dengan Berbantuan Media Puzzel dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDNCandiwulan Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2016, 4.2.1.

Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Widarso, Wishnubroto. 2006. Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Kanisius

Yuliantini, Y, Halidjah, S., & marli, S. Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis karangan Deskripsi berbantuan Gambar Di Sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 7.8.

Cara Mengutip

Polisiandani, F., ., M., & Arisyanto, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17294

Terbitan

Bagian

Articles