Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17294Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence berbantu media Puzzle terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Peterongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Karena terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, kemudian dilakukan posttest. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Concept Sentence, yang dilambangkan dengan “X”. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keterampilan menulis siswa, yang dilambangkan dengan “Y”. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Peterongan yang berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel.teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Posttest lebih tinggi dari Pretest maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence berbantu media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Peterongan tahun pelajaran gasal 2018/2019.
Kata Kunci: Concept Sentence, Karangan Narasi, Keterampilan Menulis, Media Puzzle.
Referensi
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar, Asfah Rahman. 2016. Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Pelajar
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumerti, Ni Luh. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Concept sentence berbantuan Gambar berseri Terhadap Keterampilan Menulis siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 2014, 2.1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Utami, Tri Yogi. Penerapan Model Concept Sentence Dengan Berbantuan Media Puzzel dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDNCandiwulan Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2016, 4.2.1.
Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Widarso, Wishnubroto. 2006. Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Kanisius
Yuliantini, Y, Halidjah, S., & marli, S. Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis karangan Deskripsi berbantuan Gambar Di Sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 7.8.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)