Penerapan Model Problem Solving Berbantu Media Kalkulator Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17298Abstrak
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas V Sd N Wonolopo 02 Semarang adalah rendahnya dalam kemampuan pemahaman operasi hitung dan pemecahan masalah matematika pada siswa, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem solving berbantu media kalkulator ajaib untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung pada siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa, dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Nilai pemahaman konsep operasi hitung diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, analisis data akhir dengan uji t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,36 > 2,021 maka hipotesis dapat diterima, dan perhitungan dengan uji N-Gain diperoleh 0,36 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model problem solving berbantu media kalkulator ajaib efektif untuk meningkatkan kemampuan konsep operasi hitung pada siswa kelas V SD N Wonolopo 02 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran problem solving berbantu media kalkulator ajaib dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengajar.
Kata kunci: Model Problem Solving, Media Kalkulator Ajaib, Pemahaman Konsep, Operasi Hitung
Referensi
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Balajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hidayat, T. (2014). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Problem Solving Polya Materi Fluida Dinamis terhadap Kemampuan Menganalisis Peserta didik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ikhwanuddin, Jaedund, A., & Purwantoro, D. (2010). Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatakan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan, 40(2), 215–230.
Jamhari. (2010). Penerapan Pendekatan Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 21 Palu pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Biodidaktis, 3(2), 84.
Kokom, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. In Prosiding seminar nasional penelitian, pendidikan dan penerapan MIPA Fakultas MIPA UNY (p. 1).
Kristiyawan, Arief. 2009. Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snowball. Surakarta: Skripsi FKIP UMS. (Tidak Diterbitkan).
Soegeng, A.Y, dan Suharno, Agus. 2010. Statistika Inferensial.Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, M.A. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Jakarta Kencana.
Undang - Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved from P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2017 http://setneg.go.id/index.php?option=com_perundangan&id=323&task=detail&catid=1&Itemid=42&tahun=2003
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)