Media Komik Strip pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Dwi Febriyanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.31316

Keywords:

Komik Strip, ADDIE, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media komik strip pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V, dan mendeskripsikan hasil validitas pengembangan media komik strip. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE, (analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: pencatatan dokumen, dan kuesioner. Subjek penelitian ini sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa, uji ahli isi, uji ahli media, uji ahli desain, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian: (1) rancang bangun komik strip dibuat dalam bentuk media cetak dan sesuai dengan tahapan ADDIE. (2) hasil validitas media komik strip berdasasarkan uji ahli media pembelajaran yaitu 91,1%, dengan katagori baik. Ahli desain pembelajaran yaitu 90,00%, dengan katagori baik. Dan hasil dari ahli isi pembelajaran mendapatkan nilai 0,92 dengan kategori sangat valid.  Persentase uji ahli perorangan mendapat persentasi yaitu 94,00%, dengan katagori baik. dan uji coba kelompok kecil mendapat presentasi 90% dengan katagori baik. dengan demikian media komik strip ini berada pada kualifikasi sangat baik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komik strip dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Dwiningsih, K., Sukarmin, Muchlis, & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156–176. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176

Enggayanti, D. L. (2013). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terintegrasi Pendidikan Karakter pada Materi Kalor untuk Siswa Kelas VII SMP RSBI. Universitas Negeri Semarang.

Iskandar, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Komik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 237–246.

Kelana, J. B., Muftianti, A., & Samsudin, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 7(1), 48–54. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p48-54.1531.

Lawut, S. Y., Kurniawati, M., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengembangan Modul Ipa Fisika Berbasis Pbl Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 73–79. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.4119. DOI: https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.4119

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah Developing Science Comic Media Using the Problem-Based Learning Model to Increase the Analytical Thinking Ability and Scientific Attitude. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 145–155. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280

Rifky, H. &. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2). https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.14015.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Febriyanti, D. D., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2021). Media Komik Strip pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.31316