Instrumen Tes Hasil Belajar pada Muatan Pelajaran IPA untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Krisma Devi Yunika Manik Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.44507

Keywords:

Pengembangan, Tes, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes hasil belajar IPA kelas IV. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan pada penelitian ini, validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Subyek penelitian ini berupa instrument tes hasil belajar IPA berupa tes bentuk pilihan ganda dengan jumlah 24 butir soal. Data yang dikumpulkan menggunakan metode tes. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis validitas dan analisis reliabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari 24 butir soal terdapat hanya 20 butir soal yang valid, sedangkan 4 butir soal yang lainnya dinyatakan drop dan tidak dipakai lagi. Setelah itu mencari reliabilitas soal dan yang dipakai hanya soal yang valid saja. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Kuder Richardson yaitu didapatkan r tabel sebesar 0,68. Sehingga kriteria reliabilitas pada soal tersebut adalah tinggi.

References

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

Antara, I. G. W. S., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/ijerr.v3i2.25869.g15588. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25869

Dharmawati. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Untuk Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Pendidikan, 1(8).

Hsu, T. C., Lee-Hsieh, J., Turton, M. A., & Cheng, S. F. (2014). Using the ADDIE model to develop online continuing education courses on caring for nurses in Taiwan. Journal of Continuing Education in Nursing. https://doi.org/10.3928/00220124-20140219-04. DOI: https://doi.org/10.3928/00220124-20140219-04

Kumape, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Todulako Online, 4(4). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/6131.

Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN KIMIA SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Madrasah Aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48

Rusmawan, P. N. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(1), 39. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2686. DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2686

Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116–129. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107

Zaleha, Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 36–42. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Manik, N. K. K. D. Y. ., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2021). Instrumen Tes Hasil Belajar pada Muatan Pelajaran IPA untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.44507