Komunikasi Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Agus Wiradana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31114

Keywords:

Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Siswa SD

Abstract

Rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh rendahnya motivasi yang dimilik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto bersifat korelasional dengan teknik regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 58 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yang artinya semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan metode nontes yaitu dengan instrument dalam bentuk angket komunikasi guru dan motivasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis statistik inferensial yaitu teknik analisis korelasi regresi linier sederhanan dengan uji prasyarat uji normalitas. Hasil analisis diperoleh bahwa rhitung sebesar 0,509 pada taraf signifikan 5% dengan N = 58, maka diperoleh rtabel sebesar 0,266. Karena rhitung 0,509 lebih besar rtabel 0,266 dengan koefisien determinasinya sebesar 25,9%, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar.

References

Amirulloh, T. R. A., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5355.

Arta, I. M., Japa, I. G. ., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25435.

Chaidir, S. (2021). Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom Pada Materi Termokimia Di Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Jurnal Zarah, 9(1), 36–41. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2600.

Fitriani, S. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Pendidik Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 9 Pariaman. Mau’izhah, 11(2). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.72.

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762.

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98.

Jemudin, F. DE, Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 6 Langke Rembong. Journal of Hanoi Math, 2(1). https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.53.

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763.

Lawotan, Y. E. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2), 10–20. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.297.

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa. (2017). Signifikansi Metode Guide Reading Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Teori Membaca Nyaring Guide Reading Method On Students ’ Learning Motivation In Reading Loudly Lesson. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126–139. http://dx.doi.org/10.30997/dt.v4i2.924.

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781.

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311.

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.

Nuralan, S., & Daipatama, S. T. (2020). Analisis Proses Mengajar Guru Kelas Dalam Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid - 19 Terhadap Siswa Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Tolitoli. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 47–57.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.

Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819.

Sukarmen. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pembibitan Tanaman Dengan Materi Pokok Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inquiri. Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21681.

Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v1i1.3920.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.

Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.

Tobing, P. A. L., Nainggolan, M. F., Silalahi, M., & Simarmata, R. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Swasta Bakti Luhur. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i1.2308.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2).

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., & Astawan, I. G. (2022). Komunikasi Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31114

Issue

Section

Articles