Media Video Tutorial pada Permainan Sirkuit Berbasis Loosepart untuk Menstimulasi Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok B

Authors

  • Ni Komang Intan Putri Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74965

Keywords:

media video tutorial, permainan sirkuit, loose part, motorik fisik

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan fisik motorik anak dan kurangnya media digital untuk menstimulasi kemampuan fisik motorik. Penelitian ini mengembangkan media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart untuk menstimulasi kemampuan fisik motorik. Penelitian pengembangan dilaksanakan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 2 orang guru dan 22 peserta didik kelompok B. Objek penelitian ini adalah media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan observasi. Desain penelitian ini, yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,8 dan ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,8 dengan klasifikasi sangat baik, skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,89 dengan klasifikasi sangat baik, dan hasil uji efektivitas berdasarkan tabel output “Paired Samples Test”, diketahui nilai Sig (-2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Dinyatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre-test dan post-test yang artinya ada pengaruh penggunaan media Video Tutorial pada Permainan Sirkuit Berbasis Loosepart dalam menstimulasi kemampuan fisik motorik anak Kelompok B. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B.

References

Afrianti, S., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Informatika Upgris, 6(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6471.

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Andreas Putra, A. T., Sufiani, & Jahada. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 79–90. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.8.

Cahya Maulidiyah, E., Agustin Ningrum, M., Fitri, R., & Putri Pratiwi, A. (2023). Pelatihan Fun Games Berbasis Steam Pada Pendidik Anak Usia Dini. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n2.p70-74.

Chrismanto, A. R., Magta, M., & Ardiana, R. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 176–187. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.490.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368.

Hasdi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. Educatio, 11(1), 90–105. https://doi.org/10.29408/edc.v11i1.269.

Lyon, A. R., Coifman, J., Cook, H., McRee, E., Liu, F. F., Ludwig, K., & McCauley, E. (2021). The Cognitive Walkthrough for Implementation Strategies (CWIS): a pragmatic method for assessing implementation strategy usability. Implementation Science Communications, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s43058-021-00183-0.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622.

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54–66. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055.

Martini, M., & Djohan, H. A. (2020). Analisis Kinerja Saham Lq45 Sebelum Dan Selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. Jurnal Interprof, 6(2), 156–167. https://doi.org/10.32767/interprof.v6i2.1195.

Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021.

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2022). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Digitalisasi Pembelajaran. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.49.

Nofianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115–130. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1737302.

Paspiani, N. K. N. (2015). Kegiatan Latihan Gerak Dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12340.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140.

Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.30604/well.80212020.

Rachmawati, R. D., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK dalam Peningkatan Kemampuan CALISTUNG pada Pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Jakarta Barat. Journal of Education Research, 4(3), 1334–1340. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.376.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433.

Resa, R. T. A.-Z., & Suryana. (2023). Pengaruh Media Kokoru Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 42–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v5i1.19551.

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.

Salman, E., & Darsi, H. (2020). Pengembangan Aktivitas Gerak Berbasis Modifikasi Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Motorik pada Anak Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(1), 47–60. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1203.

Sari Hutami, S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1804–1814. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8100.

Sastra Miharja, R. R. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Permainan Sains Billon Pada Kelompok B. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 75–87. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.855.

Setiyowati, N. (2015). Analisis Kebutuhan Perkembangan Fisik Motorik Halus Melalui Penerapan Kegiatan Kolase Di Ra Al- Mutsnawiatul Islam Kelompok a Mlarak Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 117–120. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7530.

Siti Rodi’ah, I. H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225.

Slamet, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran. Warta LPM, 24(1), 59–68. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9917.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

Sujarwo, N. (2021). Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.346.

Sulaeman, S., & Supriadi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2548.

Sulo, T., Kendagor, R., Kosgei, D., Tuitoek, D., & Chelangat, S. (2012). Factors affecting research productivity in public universities of Kenya: The case of Moi University, Eldoret. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences, 3(5), 475–484. https://journals.co.za/doi/abs/10.10520/EJC127672.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526.

Thosin Waskita, D., Mochamad Surya, C., & Febriana, R. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312.

Ulfah, A., Dimyati, & Putra, A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993.

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.

Wiranti, D. A. et all. (2018). Kefektifan Permainan Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 67. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810.

Wu, X. ., He, Z. ., Li, M. ., Han, Z. ., & Huang, C. (2022). Identifying Learners’ Interaction Patterns in an Online Learning Community. Int. J. Environ. Res. Public Health, 19, 2245. https://doi.org/10.3390/ ijerph19042245.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Yosinta, S. I., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 57–61. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.57-61.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Pratiwi, N. K. I. P. ., Widiana, I. W. ., & Paramita, M. V. A. . (2024). Media Video Tutorial pada Permainan Sirkuit Berbasis Loosepart untuk Menstimulasi Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok B. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 181–192. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74965

Issue

Section

Articles