Pengembangan Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B

Isna Safira, I Wayan Widiana, I Gede Astawan

Abstract


Keterampilan membaca permulaan adalah kemampuan dalam mengenal lambang-lambang  huruf, bunyi huruf, dan mampu mengubungkannya menjadi sebuah kata. Membaca permulaan ditujukan kepada anak usia dini untuk mempersiapkan keterampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Berdasarkan penemuan peneliti dilapangan terdapat peserta didik di sekolah yang mengalami kesulitan dalam merangkai huruf, peserta didik belum mampu mengenal huruf dan merangkainya menjadi kata. Dalam pembelajaran membaca anak usia dini diperlukan motivasi, dorongan serta latihan-latihan untuk mengembangkan keterampilan membaca anak. Selain itu, cara guru mengajar, prosedur maupun instrumen yang digunakan juga mempengaruhi peningkatan kemampuan anak dalam membaca permulaan. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian yang ertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan anak kelompok B yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall melalui tahap research and development. Instrumen keterampilan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal klungkung merupakan subjek penelitian dengan menyertakan kisi-kisi serta mengembangkan kedalam kuisioner dengan 12 butir pernyataan telah diuji oleh ahli/pakar pada bidangnya sehingga validitas dan reliabilitas suatu instrument dapat terpenuhi. Instrument yang digunakan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat tinggi dengan skor 0,84 dan 0,81. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa instrument yang telah dikembangkan dapat diterapkan dan digunakan sebagai mana mestinya dalam proses pembelajaran.


References


Agung, A. G. A. (2017). Evaluasi Pendidikan. FIP Undiksha.

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan matapelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.

Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Diknas, 14(1), 17-26.

Arifin. Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azwar. S. (2003). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Delfita, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir di Taman Kanak-kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Padang: Jurnal Ilmiah Pesona Paud Vol 1 No. 5.

Depdiknas. (2007). Penegembangan Model Pembelajaran di TK. Jakarta : Depdiknas 2007. Bidang Pengembangan Berbahasa di TamanKanak-Kanak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Fitriani. T. N. & Aminin, Z. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) tergadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di Tk Qoshrul Ubudiyah Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Herlina, E. S. (2020). Instrumen Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Pengembangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak di Wilayah Kotamadya Jakarta Timur Tahun 2019). Tarutung: PKAUD Institut Agama Kristen Negeri (IAKN). Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 6 No. 2.

Kholifah, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kotak Baba pada Kelompok B di Taman Al-Hikmah Rungkut. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Vol 2, No 1.

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Paud PPS Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 7 edisi 2.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayasari. D. & Ardhana, N. R. (2018). Publikasi Bentuk Fungsi dan Kategori Sintaksisturan Masyarakat Manduru sebagai Pendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STKIP PGRI Jombang-Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2 No 1 Page 54-63.

Mulyati, Y. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Banten:Universitas Terbuka. Modul.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usi Dini. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 5.

Puspitarini, T. D. (2018) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Universitas PGRI Madiun. Jurnal Care 5 (2).

Rahim. F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sitorus, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Model Pembelajaran Word Square di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Universitas Muhammadiah Sumatra Utara Medan. Hal. 13

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. (2010). Psikologi Belajar Paud. PT Bintang Pusaka Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/iji.v1i2.31302

Article Metrics

Abstract view : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



INDONESIAN JOURNAL OF INSTRUCTION IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928

 

Indonesian Journal of Instruction indexed by:

Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Journal of Instruction is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.