Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V

Authors

  • Putu Heta Maja Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79558

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Media Pop-up Book, Keterampilan Menulis Deskripsi

Abstract

Menurunnya kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi persoalan yang harus segera diatasi di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media Pop-Up Book terhadap kompetensi keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non- equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Oleh karena itu, didapatkan jumlah siswa 24 orang sebgai kelas eksperimen dan 23 orang adalah kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes essay yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen yaitu 80,417 lebih tinggi dari nilai rata-rata kontrol yaitu 70,217. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh t-hitung = 4,519 dan t-tabel = 2,014 untuk dk = n1+n2-2 = 45 dengan taraf signifikansi 5%, karena t-hitung > t-tabel, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V SD.

Published

2025-01-02

How to Cite

Pratiwi, P. H. M. ., Sujana, I. W. ., & Abadi, I. B. G. S. . (2025). Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V. Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79558