Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V

Authors

  • Putu Heta Maja Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79558

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Media Pop-up Book, Keterampilan Menulis Deskripsi

Abstract

Menurunnya kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi persoalan yang harus segera diatasi di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media Pop-Up Book terhadap kompetensi keterampilan menulis deskripsi Bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Oleh karena itu, didapatkan jumlah siswa 24 orang sebgai kelas eksperimen dan 23 orang adalah kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes essay yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai rata-rata keterampilan menulis Bahasa Indonesia kelompok eksperimen yaitu 80,417 lebih tinggi dari nilai rata-rata kontrol yaitu 70,217. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh thitung = 4,519 dan ttabel = 2,014 untuk dk = n1+n2-2 = 45 dengan taraf signifikansi 5%, karena thitung > ttabel, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi Bahasa Indonesia siswa kelas V SD.

References

Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks: representasi kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/13585.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Ardaya, A. C., Rahmadani, S. A. da. A., & F. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi, 3(1), 2159–2166. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481.

Arianatasari, A., & Haqim, L. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 37. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/24947.

Darmawan, D., Wirawan, G., & Yanti, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 16 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 8. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.230.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226.

Dian, D., Ahmad, C. F., Arsal, F. R., & Mahmudah, S. (2023). Implication And Application MBKM’s Curriculum In Education (Madrasah And Universities). At-Ta’dib, 18(1), 106–122. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9910.

Dwi Saputra, A., Nurul Fauziah, F., Suwandi, S., & Artikel, S. (2022). Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar (Utilization of Indonesian language teaching materials containing local wisdom at SMA Negeri 1 Karanganyar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 335–348. https://doi.org/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara.

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.

Gopalan, M., Rosinger, K., & Ahn, J. B. (2020). Use of quasi-experimental research designs in education research: Growth, promise, and challenges. Review of Research in Education, 44(1), 218–243. https://doi.org/10.3102/0091732X20903302.

Herkusumo, A. P. (2011). Penyetaraan (Equating) Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dengan Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 455. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.41.

Hidayati, N., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200.

Hiranmayena, N. P. C., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2022). Media Pop-Up Book Berbantuan QR Code Pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46549.

Iis, N., Arita, M., Maratun, N., & Nugraheni, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 2–3. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175.

Kurnita, T., Mutmainnah, M., Nessa, R., Kurniawati, R., Muna, Z., Fanny, N., Wahyuni, I. W., Rizka, S. M., Arta, K. H., & Yunisari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Aceh Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3793–3806. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1699.

Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang. Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155–166. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3700.

Listiani, L., & Kusuma, A. E. (2017). Memperkenalkan Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(1), 1. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235.

Maryam, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Muzdalifa, E., Warga, T., & Bawang, T. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187–192. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152.

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513.

Nisa, L., Wuryandani, W., & Masradianti, M. (2018). Perancangan Buku Cerita Pop-Up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1366.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 131–139. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029.

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135.

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909.

Shazia, N., & Khan, M. S. (2015). The Impact of Time Management on the Students ’ Academic Achievements. Journal of Literature, Languages and Linguistics, 11, 66–72. https://www.academia.edu/download/61974506/TheImpactofTimeManagementontheStudents1-PB_220200203-103607-5m0fsb.pdf.

Sinta, & Syofyan, H. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPA Di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357.

Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452.

Susilo, A. (2014). Using Facebook and Whatsapp To Leverage Learner Participation and Transform Pedagogy At the Open University of Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 63–80. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.590.2014.

Suyadi, S. (2019). Integration of Anti-Corruption Education (PAK) In Islamic Religious Education (PAI) With Neuroscience Approach (Multi-Case Study in Brain Friendly PAUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 307–330. https://doi.org/10.18326/infsl3.v12i2.307-330.

Ware, K., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sma. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 42–51. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2219.

Yunika, P., Imansyah, F., & Riyanti, H. (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310.

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Pratiwi, P. H. M. ., Sujana, I. W. ., & Abadi, I. B. G. S. . (2024). Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 295–303. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79558