Media Video Kode Isyarat Tari Pendet Berbasis Cooperative Learning pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Tunarungu

Authors

  • Ni Kadek Trisna Putri Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.75427

Keywords:

Media Video, Pembelajaran Kooperatif, SBdP, Siswa Tunarungu

Abstract

Rendahnya keterampilan menari siswa tunarungu disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik serta gaya belajar siswa tunarungu. Media pembelajaran yang sesuai bagi siswa tunarungu adalah media yang sebaiknya dilengkapi dengan teks, gambar, animasi, dan video bahasa isyarat untuk dapat memberikan penjelasan makna terhadap materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang telibat yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, serta 6 orang siswa tunarungu kelas V. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode non test berupa observasi, wawancara, penyebaran angket/kuesioner serta penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan stastistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning yang valid dan efektif, dengan perolehan hasil validasi ahli rancang bangun sebesar 93,18%, ahli isi sebesar 93,33%, ahli desain instruksional sebesar 92,5%, ahli media sebesar 93,18%, uji coba perorangan sebesar 92,42%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,07%, hasil uji efektifitas nilai thitung (3,908) > ttabel (2,571). Berdasarkan hasil-hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning layak dan efektif digunakan pada pembelajaran SBdP siswa tunarungu.

References

Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 1–75. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3494.

Al Mamun, M. A., Lawrie, G., & Wright, T. (2022). Exploration of learner-content interactions and learning approaches: The role of guided inquiry in the self-directed online environments. Computers & Education, 178, 104398. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104398.

Andayani, U. (2014). Manajemen Sumber-Sumber Informasi Elektronik (E-Resources) Di Perpustakaan Akademik. Al Maktabah, 13(1), 8–19. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31139.

Aryantika, M. E., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. (2015). Pengembangan Kamus Kolok Visual Berbasis Android Sebagai Media Edukatif Mempelajari Bahasa Penyandang Tuna Rungu di Desa Bengkala. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 4(4), 328–336. https://doi.org/10.23887/karmapati.v4i4.6531.

Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten ). JUrnal UNIK, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30870/unik.v3i1.5301.

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183.

Bhat, B. A., & Bhat, G. J. (2019). Formative and summative evaluation techniques for improvement of learning process. ,. European Journal of Business & Social Sciences, 7(5), 776–785. https://www.researchgate.net/profile/Bilal-Bhat-6/publication/333633265.

BrightHub, E. (2022). Teaching Strategies for Students with Communication Disorders. Brighthub Education.

Christianto, D. (2019). Efforts to support and expand the use of educational technology as a means of delivering learning. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3(1), 128–136. https://doi.org/10.24071/ijiet.v3i1.1725.

Cohen, J., Wong, V., Krishnamachari, A., & Berlin, R. (2020). Teacher coaching in a simulated environment. Educational Evaluation and Policy Analysis, 42(2), 208–231. https://doi.org/10.3102/0162373720906217.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Developing Students’ Writing Skill in English - A Process Approach. Journal for Research Scholars and Professionals of English Language Teaching, 2(6). https://www.researchgate.net/profile/V-Chandra-Rao/publication/325489625.

Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The role of infographics for the development of skills for cognitive modeling in education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(1), 82–92. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i01.7541.

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8 280.

Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2017). Teaching in 21St Century: Students-Teachers’ Perceptions of Technology Use in the Classroom. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 125. https://doi.org/10.24903/sj.v2i2.132.

Frydenberg, M. E., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society, 314–318. https://doi.org/10.1109/i-Society18435.2011.5978460.

Gebre, E. (2018). Learning with multiple representations: Infographics as cognitive tools for authentic learning in science literacy. Canadian Journal of Learning and Technology, 44(1), 1–24. https://doi.org/10.21432/cjlt27572.

Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Tema Tanah Bagi Siswa Tunagrahita. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 88–96. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p088.

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.

Lampropoulos, G., Siakas, K., & Anastasiadis, T. (2019). Internet of Things in the Context of Industry 4.0: An Overview. International Journal of Entrepreneurial Knowledge, 7(1), 4–19. https://doi.org/10.2478/ijek-2019-0001.

Martono, K. T., Eridani, & Isabella, D. I. S. (2020). User experience pada Implementasi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Anak Pengidap Autisme. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3396.

Marzal, J. (2024). Desain Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Tunarungu Berbantuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tekno - Pedagogi : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v4i2.2291.

Muzdalifah, A., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar SBdP di SD Muhammadiyah Prabumulih. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 8(1), 37–46. https://doi.org/10.32923/sci.v8i1.3372.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf.

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229.

Pedrikayana, A., & Afrison, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 103–114. https://doi.org/10.33603/ckkhan84.

Pradnyana, I. K. A., Agustini, K., & Santyasa, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 218–225. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.24.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Premana, A., Ubaedillah, U., & Pratiwi, D. I. (2021). Peran video blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 132. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.24113.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318.

Pujiastuti, A. U., Mizan, S., & Agustin, I. (2018). Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III, 3(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpk/article/view/5743.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Rachmawati, E. (2018). Pengaruh program bimbingan orang tua terhadap keterampilan berbicara anak tunarungu kelas tinggi pada tingkat sekolah dasar luar biasa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 57–64. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/5903/5444.

Rahayunita, C. I., & Werdiningtyas, R. K. (2020). Pengembangan Media Paspop pada Materi SBdP di Sekolah Dasar Kecamatan Jabung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 164–177. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4555.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. ECOEDUCATION (Economic & Education Journal), 2(2), 169–182. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i2.892.

Rohmat, Hakim, L., & Sakti, N. C. (2019). Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improve Economics Learning Results. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 350–357. https://doi.org/10.24331/ijere.573871.

Sa, H. Y., Asmirah, A., & Burchanuddin, A. (2021). Pendampingan Anak Tuna Netra SLB-A Yapti Kota Makassar. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(2), 63–66. https://journal.unibos.ac.id/jsk/article/view/1346.

Sari, N. F. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Sub Bab Materi Pokok Sistem Respirasi Pada Manusia di Kelas XI SMA Swasta Medan Putri Tahun Pembelaja. Edu Science, 4(2), 18–24. https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.935.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Shi, W., & Han, L. (2019). Promoting Learner Autonomy Through Cooperative Learning. English Language Teaching, 12(8), 30. https://doi.org/10.5539/elt.v12n8p30.

Strømme, T. A., & Mork, S. M. (2021). Students’ conceptual sense-making of animations and static visualizations of protein synthesis: a sociocultural hypothesis explaining why animations may be beneficial for student learning. Research in Science Education, 51(4), 1013–1038. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09920-2.

Tarjiah, I., Kurniawan, E., & Bagaskorowati, R. (2020). Magical Science Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis Website Untuk Siswa Tunarungu. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(1), 35–47. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.31285.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Vartiainen, H., Pöllänen, S., & Liljeström, A. (2016). Designing Connected Learning: Emerging learning systems in a craft teacher education course. Design And, 21(2), 32–40. https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/download/2115/2281.

Wegmann, E., Ostendorf, H., & Brand, M. (2018). Is it beneficial to use Internet-communication for escaping from boredom? Boredom proneness interacts with cue-induced craving and avoidance expectancies in explaining symptoms of Internet-communication disorder. PLoS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0195742.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Zikky, M., Farizi, A. A., Basuki, A., & Hakkun, R. Y. (2017). Game Tebak Gambar Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (Sibi) Dengan Nuansa Augmented Reality Menggunakan Perangkat Interaksi Sensor Leap Motion Controller. Prosiding Snitt Poltekba, 2(1), 82–86. https://doi.org/https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/381.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Utami, N. K. T. P. ., Agung, A. A. G. ., & Sujana , I. W. . (2024). Media Video Kode Isyarat Tari Pendet Berbasis Cooperative Learning pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Tunarungu. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 136–147. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.75427

Issue

Section

Articles