Media Kartu Kata Bergambar: Solusi Penguasaan Kosakata Umum pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Made Desy Ariani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68308

Kata Kunci:

Kartu Kata Bergambar, Kosakata, Bahasa Indonesia

Abstrak

Masih banyak siswa yang belum menguasai kosakata umum muatan Bahasa Indonesia dengan baik, sehingga hal tersebut akan dapat menghambat siswa dalam berbahasa dan berkomunikasi. Kajian ini mempunyai tujuan mencari tahu pengaruh media pembelajaran kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata umum muatan Bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Jenis kajian ini ialah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi kajian ini sebanyak 124 peserta didik dengan sampel penelitian 53 peserta didik. Metode pengumpulan data mempergunakan metode tes pilihan ganda. Analisis data mempergunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Kajian ini memperoleh temuan nilai rerata kelas eksperimen unggul dibanding rata-rata kelas control. Pengujian hipotesis didapat t-hitung (8,78) > t-tabel (1,67) Sig 5% dengan dk = 51, maka Ho ditolak H1 diterima. Sehingga ada perbedaan signifikan penguasaan kosakata umum muatan Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan mempergunakan media pembelajaran kartu kata bergambar dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan media pembelajaran kartu kata bergambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya media pembelajaran kartu kata bergambar memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penguasaan kosakata umum muatan Bahasa Indonesia siswa kelas II SD.

Referensi

Adnyana, I. B. K. R. (2021). Video Pembelajaran Bernuansa Problem Based Learning dengan Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 127. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32208.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682.

Daeni, E. I. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Di Kelompok B2 Tk Darussalam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 500–503. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.503.

Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web bagi Pembelajar Kosakata bahasa Jepang Tingkat Dasar. CHI’E: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.

Hasnidar. (2021). Peningkatan Penguasaan Mufradat Siswa Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 10(3). https://doi.org/10.58230/27454312.105.

Khatrin, K., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. JPBSI; Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.24036/108271-019883.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2). https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088.

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190.

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105.

Putri Deapalupi, A., & Susanto, E. (2021). Kesesuaian Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(1), 16–24. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i1.2604.

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6221.

Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i2.44.

Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(1). https://doi.org/10.29210/1202323056.

Sabri, & Dalimunthe, E. M. (2021). Penggunaan Metode Permainan Kartu Kata Bergambar Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3719.

Saputri, E., Sari, M., Oktaviarini, N., & Sari, E. Y. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Animasi Zepeto Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sdn Ii Ringinpitu. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(3), 277–284. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1166.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448.

Yolantia, C., Artika, W., Nurmaliah, C., Rahmatan, H., & Muhibbuddin, M. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21250.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088.

Yunaili, H., & Riyanto. (2020). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Ariani, N. M. D., Kristiantari, M. G. R., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Media Kartu Kata Bergambar: Solusi Penguasaan Kosakata Umum pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68308

Terbitan

Bagian

Articles